Demo Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf Amin, Mahasiswa Mulai Berdatangan ke Istana Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Massa dari Mahasiswa Pancasila (Mapancas) menjadi demonstran pertama yang sampai di Jalan Jenderal Sudirman untuk melakukan aksi didepan Istana Bogor, Selasa (20/10) siang.

Puluhan massa dari Mapancas ini sampai di simpang Jalan Jenderal Jenderal Sudirman-Jalan Pengadilan, pukul 11:30 WIB.

Koordinator Lapangan Aksi dari Mapancas, Bayu memimpin orasi dengan mengungkapkan bahwa satu tahun kepemimpinan Jokowi – Ma’ruf Amin, menunjukkan kemunduran demokrasi di Indonesia. Salah satunya dengan terbitnya UU Omnibuslaw Cipta Lapangan Kerja (Cilaka).

“Kami menilai bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin adalah kegagalan. Satu tahun mereka duduk di kepemimpinan, tidak ada satu pun hal baik. Yang ada malah diterbitkannya UU Omnibuslaw Cilaka,” kata Bayu.

Baca Juga  90 Siswa SMANSA Masuk Jalur SNMPTN

Para mahasiswa yang menuntut untuk bisa berorasi di depan istana Presiden ini, dihadang oleh kepolisian yang sudah membuat barikade berupa pagar besi.

LENGANG : Situasi Jalan Ir H Djuanda Kota Bogor lengang setelah dilakukan penutupan oleh aparat karena ada aksi di depan Istana Bogor. (foto:Fadil Novianto)

Sebelumnya, Jalur Sistem Satu Arah (SSA) mulai dari Jalan Otista, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Jalak Harupat hingga Jalan Pajajaran, Kota Bogor, yang mengitari Istana Bogor tengah dilakukan penutupan oleh aparat kepolisian dan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.

Berdasarkan pantauan Metropolitan.id, penutupan dimulai sejak pukul 10:00 WIB. Dimana akses Jalan Otista, Jalan Juanda, Jalan Jalak Harupat dan Jalan Pajajaran, ditutup menggunakan kawat berduri.

Penutupan ini disebut untuk menghalau para massa aksi demonstrasi yang rencananya akan memadati depan Istana Bogor, siang ini. Selain itu, juga bentuk pengamanan kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang HE Sugo, yang dijadwalkan tiba di Istana Bogor sore ini. (dil/c/ryn)

Baca Juga  Hiks, BLT UMKM Buat 7 Ribu Warga Kota Bogor Belum Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *