Distribusi 12 Juta Masker Dikelola BUMDes

by -

METROPOLITAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor mendukung program pemerintah pusat dalam Gerakan Setengah Miliar Masker.

Kepala Bidang Kekayaan Desa DPMD Kabupaten Bo­gor Tika Siti Jatmika menga­takan, Gerakan Setengah Miliar Masker merupakan program yang digalakkan untuk memastikan desa aman dari penyebaran Covid-19.

”Khususnya bagi masyara­kat yang usianya empat tahun ke atas. Dan masker ini per­tahanan terakhir,” ujarnya kepada Metropolitan.

Tika menyampaikan, se­dari awal wabah diumumkan pada Februari-Maret 2020 lalu, sebetulnya pemerintah desa sudah mulai menyalur­kan masker.

”Namun di akhir tahun ini kami akan bagikan serentak. Khusus Kabupaten Bogor akan disediakan 12 juta mas­ker sesuai jumlah penduduk Bumi Tegar Beriman,” papar Tika yang juga ketua Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) itu.

Dalam pendistribusian masker, Tika mengaku pi­haknya akan menggandeng BUMDes untuk mengelola­nya agar merata di 416 desa.

”Jadi untuk BUMDes sifat­nya wajib. Dan apabila BUM­Des tidak bisa memproduk­si, bisa dalam upaya penga­daan maskernya,” katanya.

Ia menegaskan bahwa pengadaan itu harus mem­berdayakan para pelaku usaha di wilayah desa masing-masing. Tujuannya agar perputaran ekonomi tidak tercecer ke luar desa. ”Ten­tu kami Kabupaten Bogor siap pengadaan masker ini,” pungkasnya. (yos/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *