DP2AP2KB Gencarkan Program KB di Tiap Desa

by -

METROPOLITAN – Dinas Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2AP2KB) Kabupaten Bogor terus mendorong program Keluarga Berencana (KB) di masyarakat. Lewat sosialisasi secara masif, program ini terus digalakkan demi mewujudkan keluarga bahagia.

Koordinator Lapangan KB Kecamatan Rancabungur DP2AP2KB Kabupaten Bogor Ernawati mengatakan, program KB diterapkan di seluruh desa/kelurahan untuk men­ekan ledakan jumlah pendu­duk di suatu wilayah. ”Untuk itu, program KB sangat penting direalisasikan di setiap desa. Selain menekan angka pe­ningkatan penduduk, program ini fokus pada pola pikir, ter­masuk menghindari perni­kahan dini di suatu wilayah,” katanya.

Ia menjelaskan, khusus un­tuk wilayah Kecamatan Ran­cabungur yang terdiri dari tujuh wilayah desa, sudah terbentuk lima Kampung KB. Sedangkan dua lainnya di­targetkan dapat terbentuk pada akhir 2020 tahun ini. ”Untuk dua desa ini, di anta­ranya Desa Mekarsari dan Bantarjaya. Dasar pembentu­kan Kampung KB ini nantinya dianggarkan melalui penyera­pan Dana Desa (DD) Angga­ran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” jelasnya.

Sementara itu, pada 2018 lalu, Kecamatan Rancabungur pernah menorehkan prestasi gemilang, baik di tingkat Ka­bupaten Bogor maupun Pro­vinsi Jawa Barat (Jabar). ”Dua tahun lalu Kampung KB RW 10, Desa Rancabungur, mengik­uti lomba. Dan alhamdulillah berhasil menduduki juara satu Kabupaten Bogor dan juara tiga tingkat Provinsi Jabar,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap di waktu mendatang nama baik Rancabungur, khususnya wi­layah Kabupaten Bogor, kem­bali berkibar. “Khususnya bagi warga yang bahagia dalam berumah tangga,” tandasnya. (yos/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *