Giliran Ratusan Penumpang Stasiun Bogor Dites Corona

by -

METROPOLITAN.id – Sejak Rabu (27/10) lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan tes rapid di beberapa titik. Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 dari pengunjung atau wisatawan yang datang ke Kota Bogor pada libur panjang cuti bersama akhir pekan ini.

Setelah Terminal Baranangsiang, kali ini giliran 100 penumpang di Stasiun Bogor dites rapid masal, Jumat (30/10) pagi.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional (Dalops) Satpol PP Kota Bogor Theofillio Francino Freitas mengatakan, upaya ini sesuai arahan dari pimpinan untuk mengantisipasi kasus Covid-19 pada libur panjang pekan ini.

Dari upaya ini, diharapkan pengunjung dan wisatawan yang datang ke Kota Bogor, bisa dilakukan screening agar tidak menambah jumlah kasus atau membawa virus. Tes ini dilakukan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dibantu TNI dan Polri.

“Targetnya per hari 100 orang, kita lakukan selama kurang lebih satu jam. Agar petugas juga tidak kewalahan. Harapannya semua yang masuk (Bogor) nggak menambah jumlah suspek. Juga agar mereka nggak bawa kasus baru ke kita,” katanya kepada pewarta, Jumat (30/11).

Sejauh ini, sambung dia, tes rapid sudah dilakukan di Terminal Baranangsiang sejak Rabu (27/10) lalu. Setelah ini, tes rapid akan tetap dilakukan di Stasiun Bogor besok (31/10) dan akan dilanjutkan ke beberapa tempat wisata hingga Minggu (1/11) nanti. Seperti di The Jungle dan Kebun Raya Bogor (KRB)

Untuk sasaran tes di Stasiun Bogor, kata dia, memang banyak pengunjung yang diarahkan untuk dites. Selain juga ada beberapa yang tes secara sukarela.

“Tapi memang kita arahkan dulu, kita tanya. Pernah ditess sebelumnya atau belum. Memang yang belum pernah tes kita utamakan,” tukas mantan kabid Lalu Lintas Dishub Kota Bogor itu.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Surveilance (P3MS) Dinkes Kota Bogor Djohan Masuli menuturkan, screening terhadap wisatawan di masa libur panjang sesuai dengan arahan pimpinan dan koordinasi dengan Dinkes Jawa Barat.

Setelah Terminal Baranangsiang dan Stasiun Bogor, pihaknya akan menyasar lokasi wisata seperti The Jungle dan KRB.

“Besok (31/10) dan Minggu (1/11)-nya itu. Sejauh ini memang dari tes masal selama liburan ini belum ada yang positif, tapi ada yang reaktif satu orang. Kami arahkan untuk swab test dan isolasi. Kan harus diswab untuk menentukan positif atau tidak-nya,” tuntas Djohan. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *