Inka-Swiss Bangun Pabrik Kereta di Indonesia

by -
Dery Ridwansah/JawaPos.com

METROPOLITAN – PT Industri Kereta Api (Inka) bersama produsen kereta api dunia asal Swiss, Stadler Rail, berencana membangun pa­brik baru di Indonesia. Pabrik yang ditarget rampung pada November itu dibangun dengan tujuan memproduksi kereta berpenggerak. di antaranya seperti Kereta Listrik, Kereta Rel Diesel Elek trik (KRDE) serta Kereta Diesel. ­

Namun, kendati pembangu­nan pabrik baru akan rampung pada November, pihaknya belum memiliki kontrak proyek dalam waktu dekat. “Belum ada kontrak atau proy­eknya. Pabrik bangunan baru siap November ini,” katanya.

Hal senada diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir. Menurutnya, Stadler Rail akan mendirikan kantor pusat re­gional Asia dan Oceania di Indonesia dalam waktu dekat karena berkaitan dengan kerja sama produsen kereta api dunia itu dengan Inka dan PT Kereta Api Indonesia sejak 2019.

Kerja sama ini diyakini akan menjadikan perusahaan ke­reta api dalam negeri men­jadi pemain tingkat regional sekaligus mampu mempro­duksi kereta api kelas dunia. “Kita sepakat dengan Stad­ler, Inka, KAI bersama-sama kita akan bangun pabrik untuk pastikan bagaimana kita bisa buat gerbong ke­reta api tingkat dunia,” kata Erick.

Indonesia mengapresiasi kebijakan Pemerintah Swiss untuk memasukkan RI sebagai salah satu negara prioritas kerja sama pembangunan 2021-2024. Indonesia men­gharapkan ratifikasi Indonesia- EFTA Comprehensive Econo­mic Partnership Agreement (IE CEPA) dari pihak Swiss segera dilakukan. Negosiasi perjanjian investasi bilateral dapat diselesaikan paling lam­bat awal 2021. (bis/rez/run)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *