Jabar Mulai Simulasi Suntik Vaksin Pekan Ini

by -

METROPOLITAN – Guber­nur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebut pekan ini rencananya akan melakukan simulasi persiapan penyun­tikan vaksin di Depok.

”Kemungkinan Kamis seba­gai respons dari persiapan adanya gelombang satu vak­sin sebanyak 9 juta ke Republik Indonesia, dan arahannya memang ke daerah yang epi­demiologinya tinggi yaitu Jabodetabek,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil itu di Markas Kodam III Sili­wangi, Senin (19/10).

Karena itu, jelas Emil, Jabar mengajukan kurang lebih 3 juta vaksin untuk daerah Bo­debek. Pihaknya akan me­nyimulasikan kesiapannya karena Bodebek ini hanya memiliki seribu tenaga peny­untikan vaksin yang sudah dilatih. ”Sehingga kita akan simulasikan apakah seribu tenaga ini memadai atau ma­sih harus ditambah,” katanya.

Emil mengaku memiliki ke­kurangan pada jumlah relawan yang dikhususkan untuk mela­kukan pelacakan atau tracing. Padahal, pelacakan ini penting untuk memastikan siapa saja yang melakukan kontak dalam kurun waktu tertentu dengan pasien Covid-19.

Emil menjelaskan, berda­sarkan data yang ada jumlah relawan tracing tidak hanya kurang di Jabar. Provinsi DKI Jakarta pun masih kekurang­an relawan bidang ini, di mana perbandingannya men­capai 1:8. ”Di Jabar kita hanya 1:6, sedangkan standar WHO ini ada 1:30,” katanya.

Emil berharap masyarakat ada yang ingin menjadi rela­wan tracing pasien Covid-19 dan menjadi garda terdepan dalam perang melawan virus ini. Pemprov Jabar melalui Pusat Informasi dan Koordi­nasi Covid-19 Jabar (Pikobar) membuka kembali pendafta­ran relawan medis untuk penanganan Covid-19 di Kota Depok. (re/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *