Katar Desa Situilir Demo Pabrik Helm

by -

METROPOLITAN – Karang Taruna (Katar) Desa Situilir menggelar aksi demo ter­kait izin pembangunan pabrik perakitan helm di Kampung Dukuh, RT 02/03, Desa Si­tuilir, Kecamatan Cibungbu­lang. Aksi ini dipicu lantaran izin lingkungan milik pabrik perakitan helm tersebut di­duga menyalahi aturan pe­rizinan.

”Saya minta izinnya dicabut, karena menyalahi aturan perizinan. Kami juga minta transparansi atas izin yang dikantongi perusahaan,” ujar Ketua Karang Taruna Desa Situilir, Sopian.

Pria yang akrab disapa Pi­ong itu mengatakan, pembangunan proyek terse­but harus memenuhi unsur Permendagri yang mengatur terkait radius. Sebab, hanya beberapa warga yang dili­batkan mengenai perizinan.

”Izin wilayah dan jumlah yang tanda tangan kalau me­lihat Permendagri minimal 100 orang, tapi ini hanya 37 orang. Selain itu, di satu wi­layah harusnya setiap RT dilibatkan,” bebernya.

Baca Juga  Demo Guru Honorer Di Cibinong Rusuh

Sementara itu, Kepala De­sa (Kades) Situilir, Subhan, membenarkan protes ter­kait izin perusahaan. Namun dari informasi yang diteri­manya, perusahaan itu sudah mengantongi izin lingkungan yang ditandatangani warga sekitar RT 02/03. ”Izin ling­kungan sudah ada. Ada 30 orang warga yang menanda­tangani izin tersebut,” ung­kapnya.

Menurut pemilik pabrik helm, pabrik ini peruntukan­nya bukan tempat produksi, melainkan hanya perakitan. Makanya pemdes terus mela­kukan koordinasi soal limbah dan lainnya. ”Jadi untuk pro­duksi bukan di sini. Hanya sebagai tempat perakitan dan semua sudah ada izinnya. Terkait pemberdayaan war­ga sekitar yang dikeluhkan Katar, kami akan sampaikan pada pemilik perusahaan dalam waktu dekat dan kami buatkan pertemuan dua be­lah pihak agar clear,” tandas­nya. (ads/c/feb/py)

Baca Juga  Pemuda Desa Minta Kades Cibatok 1 Mundur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *