Kemendikbud Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah

by -

METROPOLITAN – Platform persiapan kuliah dan karier, Rencanamu.id menghadirkan layanan persiapan kuliah yang terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier secara cuma-cuma bagi pe­serta didik SMA di seluruh Indonesia. Program ini dida­sari atas kerja sama yang dila­kukan antara Direktorat Seko­lah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Rencanamu.id yang ditan­datangani pada Juli.

Persiapan kuliah dan bim­bingan karier adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan peserta didik khus­usnya di tingkat SMA. Namun, intervensi persiapan kuliah dan bimbingan karier masih sang­at minim, ditambah informasi terkait dinamika dunia karier dan industri yang begitu cepat berubah, dan akses informasi pun tidak tersebar secara me­rata.

Peserta didik pun tidak me­miliki ruang gerak yang cukup untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. Akibatnya, ber­dasarkan data internal survei ke lebih dari 2 juta pengguna Rencanamu, hampir 92 persen peserta didik tingkat SMA bing­ung dan tidak yakin ingin am­bil jurusan apa setelah lulus. Selanjutnya hampir 50 persen mahasiswa merasa salah juru­san.

Terdapat ketimpangan an­tara bidang-bidang yang dite­kuni siswa dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri, sehingga menyebab­kan ketidaksesuaian antara supply dan demand di dunia kerja. Ini adalah masalah besar yang perlu dipecahkan untuk dapat menemukan solusinya.

Menurut Founder & CEO Rencanamu, Rizky Muhammad, Rencanamu.id terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik terkait persiapan kuliah serta perencanaan juru­san dan karier. ”Berdasarkan data Rencanamu dalam 3 tahun terakhir, lebih dari 90 persen pengguna Rencanamu merasa lebih yakin dan mengetahui tujuan mereka setelah meng­gunakan Rencanamu.” ujar Rizky.

Peserta didik akan lebih se­mangat belajar dan gigih men­capai tujuan jika mereka menekuni bidang yang se­suai dengan minatnya. Rizky mengatakan, ini adalah tu­juan dasar eksplorasi diri yang dimulai dengan rangkaian tes minat bakat yang ada di Ren­canamu.

”Oleh karena itu, kami be­kerja sama dengan Direktorat SMA agar dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi seluruh peserta didik tingkat SMA di Indonesia,” tambah Rizky.

Direktorat SMA telah meny­ambut baik dukungan Ren­canamu pada program Pemerin­tah untuk memberikan program bimbingan karier dan persiapan kuliah. Terlebih fenomena sa­lah jurusan adalah permasa­lahan klasik yang berdampak panjang terhadap produktivi­tas SDM Indonesia, sehingga intervensi dini terkait persiapan karier sangat penting dilakukan.(rep/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *