Lebih Dekat dengan Tenaga Ahli Hendro Siswanto

by -

METROPOLITAN – Lima tahun sudah Hendro Siswanto menjadi orang kepercayaan Kementerian Desa Republik Indonesia (Kemendes RI) untuk wilayah Kabupaten Bogor, sebagai Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPMD) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor.

Selama bertugas, lelaki kelahiran Rembang, Jawa Tengah, 1980, itu mengaku banyak pengalaman berharga dan tantangan yang tak bisa dilupakan. “Walaupun saya saat ini menjabat sebagai tenaga kontrak pada Kemendes RI, ini menjadikan pengalaman yang luar biasa bagi saya priadi,” tuturnya kepada Metropolitan, Kamis (15/10).

Selama ini, setiap mendatangi desa dan kecamatan, ia mengaku tak pernah menggunakan kendaraan roda empat. Ia selalu menggunakan sepeda motor. ”Ahamdulillah, setiap hari saya menjelajahi wilayah untuk pendampingan menggunakan (sepeda, red) motor. Ya jadi panas, kepanasan. Hujan, kehujanan. Intinya saya ingin sekali masyarakat maju dan desa maju,” katanya.

Tak hanya itu, ia menyebut waktu demi waktu tak jarang dihabiskan dalam kegiatan pemberdayaan. Dan jarang sekali ada waktu untuk keluarga. Namun, ia mensyukuri kegiatan yang dilakukannya. “Insya Allah berkah,” ucapnya.

Ia juga mengaku mengemban tugas tersebut bukan hal mudah. Sebab, setiap laporan harus detail agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan pekerjaan bisa dilaksanakan secara berkali-kali. “Selain laporan yang tidak boleh salah, terus mengedukasi kepada para operator di setiap desa menjadi kewajiban dalam pekerjaan tenaga ahli. Untuk itu harus ekstra teliti,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia mengaku bangga karena selama bertahun-tahun sebelumnya, kegiatan teknologi tepat guna bisa direalisasikan dengan baik. Tepatnya pada 2019 lalu pada tingkat nasional. “Tentu saya sangat berharap sekali desa di Kabupaten Bogor semakin maju, sehingga bisa memajukan sektor perekonomian masyarakat desa juga,” pungkasnya. (yos/c/ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *