Pandemi Covid-19 Bikin Siswa Belajar Online

by -
DOK:EDO

Di tengah pandemi Covid-19, orang tua siswa seolah mendapatkan beban ganda untuk mengajarkan pelajaran sekolah kepada anak-anaknya di rumah. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan pemerintah yang mengganti kegiatan belajar mengajar dengan proses daring (online). Salah satunya yang dialami ibu muda bernama Yayu Irayani, warga Kayumanis, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor.

BERBAGAI cara kreatif pun dilakukan orang tua agar anak-anaknya bisa tetap memperoleh ilmu pengeta­huan dari sekolah dengan cara menerangkannya kem­bali kepada sang anak. Semua itu dilakukan sebagai langkah percepatan mengakses pe­lajaran agar anaknya bisa cepat memahami pelajaran.

”Saya mengikuti arahan pemerintah, yakni dengan melakukan belajar offline mengirim tugas dan online belajar dua arah mengguna­kan media aplikasi Zoom Meeting,” kata Yayu saat di­temui Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan semua ke­giatan belajar secara online yang dilakukan pihak sekolah biasanya digelar pada pukul 09:00-11:00 WIB.

Namun, ada dua proses belajarnya, yakni umum dan memberikan pelajaran tam­bahan seperti tugas sekolah.

”Memang semenjak proses belajar dilakukan secara on­line, pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga menjadi bertambah. Tapi ya mau gi­mana lagi, kita kerjakan saja,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam proses belajar mengajar online dis­ulitkan dengan sinyal internet. Namun, semua itu tidak me­nyurutkan semangat anaknya untuk tetap belajar.

Sementara itu, Silmy Ka­najma Wibawa (5,5) menga­ku rindu belajar di sekolah. Terlebih hampir enam bulan dirinya belajar melalui on­line.

”Ya kangen, pengin belajar sambil bermain bersama teman-teman di sekolah,” singkatnya. (yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *