Pandemi Covid-19, RSUD Leuwiliang Buat Aplikasi Leuwikarsa

by -

METROPOLITAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang membuat gebrakan. Rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor itu membuat aplikasi Leuwikarsa (Layanan Edukasi, Informasi dan Konfirmasi Kesehatan melalui Rereongan Sauyunan).

Peluncuran sistem informasi ini untuk pasien, keluarga atau masyarakat guna mendapatkan edukasi dan informasi akurat tentang penyakit Covid-19. Peluncuran Inovasi Leuwikarsa ini berlangsung di aula RSUD Leuwiliang, beberapa waktu lalu.

“Leuwikarsa merupakan suatu inovasi terbaru besutan RSUD Leuwiliang dengan fitur-fitur yang dikedepankan dalam aplikasi ini. Pertama, peman­tauan aktivitas pos rawat. Kedua, edukasi general knowledge. Lalu, konsultasi online dengan konselor yang dilengkapi fitur chat grup dengan sesama,” kata Ketua Tim Inovasi Leuwikarsa, Inlaurizen.

Menurutnya, Inovasi Leuwikarsa merupakan suatu inovasi yang bisa melakukan evaluasi dan monitoring kesehatan terhadap pasien secara berkelanjutan setelah pulang ke rumah, dengan proses penggunaan aplikasinya. Nantinya ada admin yang membagikan informasi otomatis melalui aplikasi, kemudian pasien melaporkan aktivitas dengan fitur chat dan fitur upload foto, serta pasien akan mendapatkan general knowledge mengenai virus Covid-19.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Leuwiliang Hesti Iswandari mengatakan, Inovasi Aplikasi Leuwikarsa ini sangat inovatif dan kreatif serta original. Sebab, di rumah sakit umum mana pun di Indonesia belum pernah menggunakannya.

“Semoga dengan Aplikasi Leuwikarsa ini pasien-pasien pos rawat bisa dilakukan evaluasi dan monitoring, sehingga pasien yang selama ini tidak terpantau dan teredukasi petugas RS bisa melaku­kan pengawasan secara berkelanjutan,” paparnya. (yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *