Pasukan Gabungan Serbu Zona Merah Tiap Weekend

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Provinsi Jawa Barat (Pem­prov Jabar) bakal mengerah­kan tim gabungan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan penumpukan warga jelang libur panjang. Sebab, berdasarkan catatan Pemprov Jabar, libur panjang kerap memunculkan kasus Covid-19 baru di wilayah Ja­bar.

“Long weekend saat Idul Adha (lalu, red) menaikkan kasus. Pelajaran buat kita. Kami sudah meyiapkan ma­teri edukasi. Pada dasarnya selama disiplin 3M bisa ter­kendali,” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil, yang akrab disapa Emil, di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Se­nin (19/10).

Emil mengaku sudah ber­koordiansi dengan polda (dan TNI, red) untuk memperba­nyak personel. ”Seperti kita tiap minggu menyerbu zona merah, termasuk ke titik de­stinasi wisata untuk mene­rapkan protokol kesehatan dengan tegas,” katanya.

Ia menyebut jika ada hotel atau tempat wisata yang me­langgar protokol kesehatan, maka ancamannya adalah penutupan sementara. Di luar itu, tidak ada kebijakan yang berubah. Ia tidak mene­rapkan aturan bagi warga luar Jabar yang datang untuk menunjukkan bukti bebas Covid-19 melalui tes PCR.

“Swab itu mahal kalau man­diri. Yang penting, sambil nunggu vaksin, kuncinya 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan mengenakan mas­ker, red). Lockdown terbaik ya pakai masker. Kita nanti buktikan hasilnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian me­minta masyarakat menahan diri untuk berlibur ke tempat wisata atau hiburan pada libur panjang akhir Oktober nanti. Terutama tempat-tempat yang sering dikerumuni orang.

Tito mengingatkan tentang klaster keluarga, di mana dari satu orang terpapar Co­vid-19 bisa menular ke yang lain. Karena itu, masyarakat diimbau menahan diri ke tempat wisata seperti Puncak atau daerah Bandung.

Kemendagri akan segera berkoordinasi dengan Forko­pimda setempat untuk men­deteksi titik-titik keramaian pada libur panjang nanti. Nantinya akan diatur terkait kapasitas maupun perizinan. (re/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *