Pengurus OSIS-MPK Dilantik via Zoom

by -
DOK SBBI

METROPOLITAN – SMA Bosowa Bina Insani Bogor menggelar acara pelantikan dan upgrading pengurus OSIS-MPK periode 2020/2021 pada Jumat dan Sabtu (2/10 dan 3/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Dedi Supriyadi selaku princi­pal SMA Bosowa Bina Insani (BBI) Eko Syafrudin selaku Waka Kesiswaan, Muhammad Nasir Rusunah selaku pem­bina Kesiswaan, dewan guru, pengurus OSIS-MPK demi­sioner periode 2019/2020 serta seluruh pengurus OSIS-MPK periode 2020/2021.

Acara ini dibuka secara res­mi oleh Kepala Sekolah Dedi Supriyadi. Dalam kesempatan itu, Dedi menyampaikan uca­pan selamat kepada segenap pengurus OSIS-Majelis Per­musyawaratan Kelas (MPK) periode 2020/2021.

Ia berharap kepengurusan OSIS-MPK periode pandemi corona ini bisa mengemban amanah dengan baik, sehing­ga bisa berkontribusi positif bagi perkembangan sekolah di era digital.

Dedi juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apre­siasi yang tinggi kepada pen­gurus OSIS-MPK periode 2019/2020.

“Maju mundurnya sebuah organisasi bukan hanya diten­tukan seorang pimpinan dalam organisasi itu, melainkan sis­tem manajemen yang diguna­kan dalam organisasi. Karena itu, perlu sekali pengurus OSIS-MPK membangun sistem kerja yang baik, saling bahu-membahu satu sama lain. Semua elemen pengurus me­miliki peran yang sama pen­tingnya bagi terlaksananya misi dan tercapainya visi or­ganisasi ini,” kata Dedi.

Usai pelantikan, acara dila­njutkan dengan upgrading bagi pengurus. Materi upgra­ding pertama berjudul ‘Inno­vative Leadership di Masa Pandemi’ disampaikan Dedi Supriadi.

Ia mengemukakan, untuk merespons suasana krisis yang sedang berlangsung karena pandemi Covid-19, maka di­perlukan pemimpin yang tidak lagi bekerja dengan cara biasa, monoton, konservatif. “Kon­disi ini menuntut hadirnya pemimpin yang inovatif dan kepemimpinan yang melaya­ni,” ujar Dedi.

Ia menjelaskan, kepemim­pinan yang inovatif merupakan model kepemimpinan yang berpikir untuk melakukan terobosan dan berupaya men­ghadirkan masa depan di masa sekarang. “Kepemimpi­nan yang melayani berasal dari sikap diri sendiri untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan,” ujar­nya.

Dedi menyebutkan, 10 ka­rakter kepemimpinan inovatif dan melayani, yaitu: banyak mendengar, memahami orang lain dan berempati, mampu memprediksi, bertindak per­suasif, memiliki konsep, mam­pu dalam komunikasi, bert­indak cepat, memegang ama­nah, memiliki kepedulian dan mampu membentuk ling­kungan yang kondusif.

Uraian materi kedua dalam upgrading ini berjudul ‘Meng­gaet Sponsor, semudah ini!’ disampaikan Indah Intantila (guru BK SMABBI). Dalam kesempatan ini, Indah men­guraikan secara gamblang dengan gaya milenial hal-hal terkait sponsorship pada ber­bagai even yang diseleng­garakan sekolah. Pertama-tama, kenalan dulu dengan even, pengertian even, siapa event organizer, kemudian kenalan dengan sponsor, peng­ertiannya, jenisnya dan how to get sponsor.

Indah menegaskan, “Kesuksesan suatu acara tidak tergantung kepada biaya yang dimiliki, namun tergantung pada konsep dan framework.”

Menyadari pentingnya pu­blikasi bagi kemajuan organi­sasi, panitia menghadirkan nara sumber berpengalaman di bidang jurnalistik Asma­hudroh dengan mengusung topik publikasi berjudul “Pu­blikasi Kreatif Even”.

Asma mengajak peserta un­tuk mengerti pentingnya pu­blikasi dengan mengajukan pertanyaan “Mengapa harus publikasi?” lalu menjawabnya dengan menunjukkan tiga hal utama yang menjadi alasannya, yaitu untuk dokumentasi, pro­mosi dan pertanggungjawaban panitia.

Asma melanjutkan dengan menunjukkan hal-hal yang perlu dijadikan catatan publi­kasi dari setiap even, yaitu tema kegiatan, tujuan, materi yang dibicarakan, kutipan inti sambutan, dan antusiasme peserta untuk dijadikan satu bentuk tulisan utuh.

Materi upgrading terakhir di hari pertama adalah mengang­kat topik yang lagi ngetren yaitu teleconference dengan judul ‘Explore Zoom’ disam­paikan oleh Eko Syafrudin (instruktur TIK tingkat nasio­nal). Sesuai dengan judulnya, Eko menguraikan secara tun­tas mengenai aplikasi Zoom mulai dari memperkenalkan pendiri Zoom, menginstal, menyiapkan teleconference, dan mengelola Zoom. Dalam kesempatan ini, peserta diajak langsung menyimulasikan operasional Zoom, mulai dari menjadi host, menetapkan co-host, membuat break-out room, menempatkan peserta, mengendalikan microfon pe­serta, chatting hingga mengakhiri Zoom meeting.

Di hari kedua, Sabtu (3/10), acara diisi dengan Rapat Ple­no perdana Pengurs OSIS-MPK periode 2020/2021 yang dip­impin oleh ketua Majelis Per­musyawaratan Kelas (MPK) sebagai ketua sidang. Para peserta mendengarkan pema­paran program kerja (proker) tip-tiap sekretaris bidang (sek­bid) dari sekbid 1 hingga sek­bid 10. Kemudian pihak pe­serta menanggapinya dengan meminta penjelasan dan memberikan usulan peruba­han proker jika dipandang perlu.

Mengakhiri rapat pleno, MPK menyampaikan tiga agenda utamanya yaitu menyeleng­garakan Sidang Pleno, Pelati­kan dan Upgrading Pengurus OSIS-MPK periode 2020/2021, Pemilu OSIS-MPK 2021/2022, dan Musyawarah Besar (MU­BES) Akhir.

Keseluruhan acara Pelanti­kan dan Upgrading Pengurus OSIS – MPK periode 2020/2021 berjalan lancar. Acara ditup secara resmi oleh kepala se­kolah Dedi Supriyadi.

Dalam kesempatan ini Dedi kembali menegaskan bahwa organisasi tidak boleh hanya bergantung kepada ketua umumnya. Organisasi bergan­tung kepada sistem yang ada. “Oleh karenanya, sistem yang telah dibangun berupa meka­nisme dan program kerja yang telah disepakati harus dilaks­anakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Dedi. (re/feb/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *