Program Guru Penggerak Angkatan ke-2 Dibuka Lagi

by -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka seleksi Program Guru Penggerak angkatan kedua. Pendaftaran seleksi dibuka mulai 13 sampai 31 Oktober 2020.

PROGRAM Guru Penggerak ini terbuka untuk calon guru penggerak dan calon penga­jar praktik (pendamping), mulai jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran program ini dapat diakses melalui laman sekolah.peng­gerak.kemdikbud.go.id/gu­rupenggerak.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril, mengatakan, kuota calon guru penggerak angkatan kedua sebanyak 2.800 guru. Nantinya dalam program ini akan terdiri atas kelas pela­tihan daring hingga lokakarya.

”Perjalanan guru penggerak dimulai dengan tahap se­leksi dan mengikuti rang­kaian Program Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan, yang terdiri atas kelas pelatihan daring, lokakarya, dan pendampingan,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, guru bisa berperan menggerakkan komunitas belajar di sekolah maupun di luar sekolah. Pro­gram ini dibuat untuk men­ghasilkan bibit unggul di masa depan. ”Program ini bertujuan menghasilkan bibit-bibit unggul pemimpin Indonesia di masa yang akan datang,” katanya.

Berikut merupakan proses pendaftaran Program Guru Penggerak angkatan Kedua untuk seleksi calon guru. Se­leksi Tahap I: 13 Oktober-7 November 2020. Sedangkan untuk seleksi tahap II: 13 Ja­nuari-11 Maret 2021 dan pengumumannya pada 20 Maret 2021.

Sedangkan proses pendaf­taran Program Guru Peng­gerak angkatan Kedua untuk seleksi calon pengajar prak­tik (pendamping). Pendafta­ran pada 20 Oktober-12 No­vember 2020. Untuk seleksi Tahap I pada 23 November-Desember 2020 dan pengu­muman seleksi Tahap I pada 10 Desember 2020. Seleksi Tahap II pada 5-25 Januari 2021, sedangkan pengumu­man seleksi Tahap II 29 Ja­nuari 2021.(dtk/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *