Rumah Warga Digerus Longsor

by -

METROPOLITAN – Dua rumah milik Muksin dan Sofyan, warga Kampung Pangerasan, RT 03/05, Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, terbawa longsor. Kini kon­disinya rusak berat pasca diguyur hujan deras pada Senin (19/10). Akibatnya, sembilan penghuni rumah­nya diungsikan sementara.

Sementara (Pjs) Desa Ci­balung, Tb Budi Darmawan, mengatakan, pemerintah desa bersama sejumlah un­sur meninjau lokasi ben­cana untuk mendata keru­gian, baik material maupun korban. ”Ada dari Destana, petugas siaga bencana ke­camatan, Koramil 2123, Pol PP. Mereka sudah ikut menin­jau ke lokasi,” ungkapnya.

Bencana longsor yang me­nimpa dua rumah itu me­nimbulkan kerugian senilai Rp100 juta. ”Soal itu (keru­gian, red) sudah kita lapor­kan ke dinsos. Setelah kita cek memang posisi rumah­nya ada di tebingan. Jadi, saat hujan deras, tanahnya longsor dan merusak rumah,” paparnya.

Ia pun meminta warga yang rumahnya di tebingan rawan longsor agar berhati-hati, karena curah hujan cukup tinggi. ”Saya minta warga tetap waspada, karena in­tensitas curah hujan di Ke­camatan Cijeruk cukup tinggi dan wilayah di sini rawan longsor,” ujarnya.

Camat Cijeruk, Hadi Jana, meminta kepala desa se­gera melaporkannya apa­bila terjadi bencana di wi­layahnya. Ini dilakukan agar setiap bencana bisa cepat ditangani dan dilaporkan ke pemerintah daerah.

”Karena kita punya Satgas Bencana, maka setiap keja­dian harus cepat ditindakla­njuti. Maka dari itu, saya minta kepala desa segera melaporkan kejadian ben­cana dan tetap waspada. Kalau ada kejadian, tim kita akan cepat bergerak me­nanganinya dan melaporkan­nya ke tingkat Kabupaten Bogor,” bebernya. (nto/c/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *