Siap-siap, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi

by -

METROPOLITAN – Wacana dibu­kanya pendaftaran baru gelombang ke-11 kartu prakerja mulai mencuat. Informasi yang beredar, pendaftaran ini akan dibuka akhir Oktober.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Dis­naker) Kota Bogor, Elia Buntang, menuturkan, pemerintah daerah sejauh ini belum mengetahui hal tersebut. ”Kalau pendaftaran kan langsung lewat website ya, jadi kita tidak tahu. Kita hanya dapat notifi­kasi jumlah keseluruhan, kalau by name by address kita tidak tahu,” kata Elia kepada Metro­politan, Selasa (20/10).

Elia mengungkapkan, di Kota Bogor sejauh ini ada 13.000 orang yang terdaftar sebagai penerima manfaat dari kartu prakerja. Khusus Kota Bogor sejauh ini berada di peringkat 10 se-Jawa Barat terkait jumlah penerima manfaat kartu prakerja. ”Jadi, setiap peserta akan mempe­roleh manfaat senilai Rp3,55 juta yang terdiri dari bantuan tunai Rp2,4 juta yang dikirim­kan bertahap selama 4 bulan dan Rp1 juta berupa pelatihan secara daring,” jelasnya.­

Baca Juga  Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Login www.prakerja.go.id, akan Dibuka Bulan Ini

Sementara itu, anggota Ko­misi IV DPRD Kota Bogor, Endah Purwanti, meminta pemerintah pusat bisa be­kerja sama dengan pemerin­tah daerah, dalam hal ini Disnaker Kota Bogor, untuk mengurusi kartu prakerja. Selain untuk mengetahui kondisi masyarakat Kota Bo­gor, keberadaan Disnaker juga bisa dijadikan ujung tombak untuk memantau perkembangan peserta pra­kerja. ”Kita harus lihat esen­sinya. Ini kan bertujuan untuk mengakomodasi masyarakat yang siap kerja. Nah, kan tidak mungkin, kalau warga Bogor, dapat kerja di Surabaya, tapi tidak terdata Disnaker,” kata Endah.

Terkait wacana dibukanya kembali pendaftaran kartu prakerja, Endah menyambut baik hal ini. Sebab, berdasar­kan data yang ia miliki, saat ini ada seribu masyarakat Kota Bogor yang menjadi kor­ban PHK yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Baca Juga  Buruan Daftar! Kartu Prakerja 12 Terbatas

Sehingga jika minimal ada 300 orang yang mendapatkan kesempatan untuk ikut pro­gram kartu prakerja, maka bisa mengurangi jumlah ma­syarakat pengangguran di Kota Bogor. ”Ini juga harus diiringi program penyaluran tenaga kerja dari Disnaker Kota Bogor agar bersinergi. Jangan pusat jalan sendiri, daerah jalan sendiri,” terang­nya.

Sekadar diketahui, program yang diinisasi pemerintah sejak April ini sudah memenuhi kuota yang ditargetkan tahun ini, yakni 5,6 juta peserta dengan anggaran Rp20 triliun. Dari jumlah itu, ada 5,19 juta peserta yang sudah memilih pelatihan dan 4,77 juta me­nyelesaikan kursus.(dil/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *