Sudah Dilonggarkan, Masih Banyak Restoran Di Kota Bogor Langgar Protokol Kesehatan

by -

METROPOLITAN.id – Beberapa hari setelah memutuskan untuk memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Mikro Komunitas (PSBMK), Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah restoran di Kota Bogor, Kamis (29/10) sore.

Mengejutkan, rupanya masih banyak restoran, rumah makan atau usaha sejenis yang tidak taat menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pembatasan kapasitas, hingga jaga jarak antar pengunjung.

Saat mengunjungi beberapa restoran dan rumah makan di bilangan Jalan Pajajaran Indah V, Baranangsiang, ia mendapati restoran yang tidak menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung dan jaga jarak. Bima melihat semua meja dan kursi terisi penuh.

“Memang ternyata semua rumah makan di Kota Bogor penuh. Dari data menunjukkan, arus (orang-orang) masuk ke Bogor di Tol Jagorawi itu naik sampai dua kali lipat. Penuh sekali hari ini (29/10),” katanya usai sidak.

Padahal, sambung dia, jaga jarak menjadi kunci untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Namun fakta berkata lain, tak semua restoran patuh terhadap protokol kesehatan.

Ia pun mengingatkan restoran, rumah makan dan usaha sejenis agar selalu memperhatikan jarak antar pengunjung. Bima pun tak segan-segan akan menindak restoran yang masih bandel jika nanti dilakukan sidak, masih saja tidak patuh protokol kesehatan.

“Kami ingatkan, tolong diperhatikan jaga jarak. Besok (30/10) kami akan ke sini lagi. Kalau masih ada pelanggaran, akan kita tutup,” tukasnya.

Secara teknis, kata Bima, sejak PSBMK diterapkan, pengaturan jarak di rumah makan, kafe, dan sejenisnya pun diatur. Mulai dari jam operasional yang hingga sampai pukul 21:00 WIB, sampai pada pembatasan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen. Termasuk jaga jarak antar pengunjung dan kursi yang tidak boleh berdekata.

“Ada surat untuk menyatakan kesalahannya apa saja, ada formnya. Nanti kalau kita perhatikan ada pelanggaran terus, akan ada sanksi. Baik denda, hingga penutupan. Semuanya dicatat Tim Elang,” tuntasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *