Tidak Ada Retribusi, Sampah Menumpuk di Pinggiran Ciliwung

by -

METROPOLITAN – Tum­pukan sampah di atas aliran Sungai Ciliwung perbatasan dua kampung, yakni Cidokom dan Keboncau Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, jadi kelu­han warga. Penjaga sampah di wilayah itu, Udin (60), menuturkan, tumpukan sam­pah itu berasal dari tiga wi­layah, yakni Kebun Cau, Lem­bahnyiur dan Cidokom SD 02 Desa Kopo, Kecamatan Ci­sarua.

Untuk menanggulanginya, pembakaran sampah jadi solusi yang bisa dilakukan. Selama bertugas sebagai peng­elola sampah, ia mendapat bayaran Rp200.000 per bulan. ”Dari Keboncau Rp100.000, Lembahnyiur Rp40.000 dan wilayah Cidokom SDN 02 Rp60.000 per bulan,” katanya. Pria yang bekerja secara su­karela ini mengeluhkan sikap pemerintah yang cuek melihat sampah menggunung.

Sementara itu, petugas UPT Pengelolaan Sampah Wilayah Cisarua, Yusman, mengatakan, perlunya koordinasi yang baik antara pemerintah setempat dan UPT dalam menanggulangi sampah di aliran Sungai Ci­liwung di wilayah Desa Kopo. Dalam waktu satu tahun, pi­hak UPT sudah memberikan imbauan kepada pemerintah setempat dan RT/RW untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar menaati Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 28 Tahun 2011 tentang Pembuangan Sampah.

”Pemerintah daerah sudah membuat papan aturan dan menyiapkan tempat pembu­angan sampah di wilayah tersebut,” terangnya. Dalam satu tahun ini, sambung dia, baru dua kali pengangkutan sampah nonretribusi. Tetapi jika wilayah tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah resmi, pemerintah setempat dan masyarakat harus me­naati peraturan yang ada.

Yusman menambahkan, pihaknya secara berkesinam­bungan mengangkut sampah dua minggu sekali. Namun ini dengan catatan harus ada biaya retribusi sesuai perda yang ada. ”Gimana kita mau ngangkut, masyarakat dan RT/ RW tidak ada uang retribusi untuk kita,” terangnya.

Dengan kondisi seperti ini, pihak UPT bakal meninju lokasi dan berkoordiasi dengan pemerintah setempat. “Kami akan sama-sama membenahi tumpukan sampah di ping­giran sungai Desa Kopo,” tutupnya. (fri/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *