UPT PMPS DKP Urus Sertifikasi Jaminan Mutu Pangan

by -

METROPOLITAN – Unit Pelayanan Teknis Pengujian Mutu Pangan Segar, Dinas Ketahanan Pangan (UPT PMPS DKP) Kabupaten Bogor mem­buka layanan pembuatan sertifikat jaminan mutu.

Kasubag TU UPT PMPS DKP Rinrin mengatakan, ada em­pat poin yang ditekankan dalam sertifikasi. Di antara­nya memberikan jaminan keamanan mutu, memberi­kan jaminan dan perlindun­gan bagi masyarakat, mem­permudah penelusuran kembali dari kemungkinan penyimpangan mutu dan keamanan pangan produk.

”Termasuk di dalamnya meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk,” je­lasnya kepada Metropolitan, Senin (19/10).

Rinrin menyebut sertifikat ini sebagai bukti bahwa pelaku usaha, bahkan pe­tani, sudah memenuhi per­syaratan dalam menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan secara konsiten.

”Ada tiga sertifikat, Prima 1, 2 dan 3 yang dikeluarkan. Seperti, sertifikat Prima 1 yang diberikan kepada pela­ku usaha yang dihasilkan dan sudah memenuhi aspek kea­manan pangan untuk dikon­sumsi (di bawah batas mak­simum residu pestisida, red),” bebernya.

Syarat pembuatan sertifikat ini, jelas Rinrin, telah me­miliki registrasi kebun atau lahan dan telah melakukan satu siklus proses produk pangan hasil pertanian se­suai syarat yang ditetapkan.

”Seperti akhir 2019 lalu, sertifikat diberikan kepada Poktan Wanalestari yang hasil ujinya di bawah batas maksimum residu pestisida pada buah manggis,” jelasnya. (yos/c/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *