Wenger bakal Singkirkan UNL

by -

Metropolitan – Kabar menge­jutkan datang dari Arsene Wenger. Kepala Global Football Development FIFA itu dikabar­kan mau mengha­pus ajang UEFA Nations League (UNL).

UEFA Nations League sendiri merupakan se­buah kompetisi sepak bola yang mempertandingkan tim nasional senior dari negara-ne­gara anggota UE ­FA . Digelar dua tahun sekali, mu­lai 2018 lalu dengan Portugal sebagai juaranya.

UEFA Nations League diikuti 55 timnas yang akan dibagi dalam empat divisi atau dise­but Liga. Kemudian dibagi menjadi empat liga yakni Liga A, Liga B, Liga C dan Liga D.

Ajang tersebut menambah panjang daftar jeda interna­sional di kompetisi Eropa. Tentu sebelumnya, sudah ada Piala Eropa tiap empat tahun sekali dan tiap tahunnya ada agennda jeda internasional tiap timnas Eropa untuk mem­persiapkan pasukannya.

Namun, UEFA Nations Lea­gue pun jadi perdebatan. Ada yang setuju dan tidak setuju, salah satunya eks manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Arsene Wenger sendiri sudah jadi kepala Global Football Development FIFA sejak akhir 2019 lalu. Pekerjannya adalah melihat perkembangan sepak bola dunia supaya lebih baik.

Wenger pun mengkritik soal UEFA Nations League. Kritikannya cukup tajam. ”Kalau Anda bertanya ke­pada orang-orang di jalan tentang UEFA Nations League, kebanyakan pasti menjawab tidak tahu,” katanya. ”Kami (FIFA, red) perlu menying­kirkan UEFA Nations League,” ujarnya.

UEFA Nations League dinilai membuat fisik pesepak bola Eropa akan lebih terkuras. Sebab, sudah banyak kom­petisi di level klub dengan jadwal yang padat.

Namun, Arsene Wenger tak bisa semudah itu mengambil keputusan. FIFA selaku badan sepak bola tertinggi di dunia juga akan menimang banyak masukan dan memberi ke­putusan dengan tepat. (dtk/ rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *