20 Orang Daftar Jadi Bos Tirta Pakuan, Hanya 10 Orang Masuk Syarat Administrasi

by -

METROPOLITAN.id – Sebanyak 24 orang telah mendaftar melalui online untuk seleksi kursi direksi dan Dewan Pengawas Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor. Untuk posisi direksi pendaftar yang masuk sebanyak 20 orang dan 4 orang pendaftar untuk Dewan Pengawas

Setelah menerima pendaftaran, tim seleksi yang dipimpin ketua tim panitia seleksi (pansel), Dody Achdiat, langsung melakukan tahapan seleksi administrasi dan penerimaan berkas asli para pendaftar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan administrasi, kata dia, tim seleksi menemukan ada lima pendaftar yang merupakan warga Kota Bogor lulusan SMA/SMK.

“Ada lima pendaftar lulusan SMA atau SMK, usianya juga dibawah 30 tahun,” katanya.

Dody menjelaskan, kemungkinan besar lima orang yang mendaftar itu tidak mengetahui bahwa pendaftaran via online itu untuk jabatan Direksi Perumda Tirta Pakuan.
“Mereka kemungkinan menganggap itu pendaftaran penerimaan karyawan untuk bekerja di Perumda Tirta Pakuan, bukan untuk seleksi direksi. Padahal ini seleksi calon direksi,” jelas Dody.

Baca Juga  Habib Rizieq Dirawat di Kota Bogor, Bima Arya : Beliau Nggak Mau Dijenguk

Hasil seleksi administrasi, kata dia, akan diumumkan 8 November nanti. Untuk sementara, gambaran pendaftar yang lolos pada jabatan direksi sebanyak 10 orang dan tiga orang untuk Dewan Pengawas.

“Secara berkas berkas administrasi, hanya ada 10 orang yang sementara lolos untuk posisi direksi. Sedangkan untuk dewan pengawas ada 3 orang, karena satu orang mengundurkan diri,” terangnya.

Untuk satu orang yang mengundurkan diri, kata Dody, yaitu Pupung W Purnama yang kini menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kota Bogor.

“Surat pengunduran diri sudah diberikan tadi,” jelasnya.

Selama proses seleksi administrasi hingga diumumkan 8 November nanti, tim seleksi akan memroses keabsahan berkas berkas. Termasuk rekam jejak para calon direksi.

“Nanti akan diperiksa berkasnya dengan pengecekan ke lapangan, termasuk ke lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah ataupun sertifikat dari lembaga lainnya. Semua akan diperiksa, setelah semua selesai, baru akan diumumkan para calon yang lolos,” tandasnya.

Baca Juga  Targetkan 178.297 Sasaran, Vaksinasi di Kota Bogor Masih Dibawah 60 Persen

Setelah pengumuman calon direksi, tahapan selanjutnya akan dilaksanakan tes Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK).

“Tim UKK akan bekerja untuk melakukan tes kepada seluruh calon. Sedangkan untuk tim UKK, akan segera di rumuskan dan ditentukan dalam waktu dekat,” tutup Dody.

Sebelumnya, minat pendaftar untuk duduk sebagai direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan terbukti sangat tinggi. Hingga waktu pendaftaran calon peserta seleksi ditutup Selasa (3/11) malam, sudah 20 orang yang mendaftar untuk jadi ‘Dewa Air’ di Kota Bogor.

Selain itu, satu kursi Dewan Pengawas Perumda Tirta Pakuan juga cukup diminati, dengan empat orang yang sudah mendaftar. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah.

“Sudah ditutup dan sudah ada pendaftar, untuk calon direksi itu sudah ada 20 orang yang daftar. Sedangkan untuk Dewan Pengawas ada empat orang, sampai hari terakhir kemarin 3 November malam itu,” katanya saat ditemui Metropolitan.id di kantor PWI Kota Bogor, Rabu (4/11).

Baca Juga  Hiks, Positif Covid-19 Kota Bogor Tembus 1.141 Kasus

Setelah ini, sambung dia, tahapan selanjutnya yakni cek administrasi dari para pendaftar, diikuti kemudian tes oleh tim Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). Melakukan serangkaian tes mulai dari psikotes hingga kepribadian.

“Sampai nanti hasilnya diserahkan ke tim pansel (panitia seleksi, red), lalu kemudian diserahkan kepada owner (wali kota Bogor, red). UKK itu kan kita kerjasama dengan institusi ya, lebih detailnya nanti disampaikan,” ujar Syarifah.

Mantan kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor itu menambahkan, hari Kamis (5/11) pihaknya akan melakukan pembahasan dengan tim UKK.

“Pansel menyerahkan laporan ke Dewan Pengawas, setelah itu hari Kamis (5/11) dibahas untuk ke UKK, sekaligus penyerahan administrasi,” tandasnya. (dil/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.