25 Reaktif Covid-19 Usai Kerumunan Penyambutan Habib Rizieq di Megamendung Bogor

by -

METROPOLITAN.id – 25 orang reaktif Covid-19 usai kerumunan penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (13/11) lalu. Kondisi ini diketahui usai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menggelar tes cepat atau rapid test.

Rapid test dilakukan di dua desa di Kecamatan Megamendung, yakni Desa Sukagalih dan Desa Kuta. Tes dilakukan selama dua hari pada Jumat (20/11) hingga Sabtu (21/11).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bogor Irwan Purnawan mengatakan, tes dilakukan kepada 772 masyarakat di dua desa tersebut.

Hasilnya, sebanyak 25 orang dinyatakan reaktif Covid-19 dan semuanya langsung menjalani swab.

“Jumat ada 10 orang reaktif dan 15 orang reaktif di hari berikutnya. Jadi total ada 25 orang yang reaktif berdasarkan hasil Rapid Tes massal yang kita lakukan. Hasil spesimen langsung kita bawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bogor dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL),” kata Irwan, Minggu (22/11).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, tes Covid-19 dilakukan sebagai upaya tracing buntut kedatangan Habib Rizieq Shihab ke Kecamatan Megamendung.

Tes Covid-19 dilakukan secara acak kepada masyarakat sekitar. Khususnya, mereka yang ingin dan bersedia diperiksa petugas.

“Jadi sistemnya acak. Siapa saja masyarakat yang mau dan bersedia kita periksa. Karena tidak mungkin juga kita melakukan tracing kepada semua orang yang datang di acara HRS itu,” terang Mike.

Utuk memudahkan tracing, pihaknya juga mengirimkan surat edaran kepada puskesmas se-Kabupaten Bogor,l untuk melakukan pendataan kepada masyarakat yang ingin dites Covid-19. Baik itu rapid test dan swab test.

“Kemarin kan masa yang datang cukup banyak dan berasal dari berbeda daerah, makanya Dinkes membuat surat edaran ke seluruh puskesmas yang ada untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin di rapid atau swab,” pungkasnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *