500 Relawan Ikut Simulasi Pilkades

by -

METROPOLITAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bo­gor menggelar simulasi pemi­lihan kepala desa (pilkades) di Perumahan Pondok Damai, RT 04/13, Desa Cileungsikidul, Kecamatan Cileungsi, Kabu­paten Bogor, belum lama ini.

Kepala Seksi Aparatur Pe­merintah Desa DPMD Kabu­paten Bogor Budi Riva men­gatakan, 500 relawan pemilih ikut dalam simulasi kegiatan tersebut.

”Termasuk kami juga men­gundang panitia pilkades se­banyak 88 orang dan panitia kecamatan 34 orang,” katanya kepada Metropolitan.

Tujuan simulasi ini, jelas Budi Riva, untuk melihat dan mengukur durasi pemilih la­manya waktu saat mereka masuk lingkungan Tempat Pemilihan Suara (TPS). Selain itu juga melihat penerapan protokol kesehatan (prokes) sebagaimana yang sudah dia­tur dalam Perbup No 49.

”Jadi kita mau lihat kesiapan apa adanya. Minggu (15/11) pekan lalu itu berjalan dengan baik atau tidak. Jadi ini tolok ukur. Alhamdulillah berjalan baik dan prokes diterapkan,” katanya.

Baca Juga  Ratusan Aparatur Desa Ditatar BPMPD

Kendati begitu, ia meminta apabila ada kekurangan dari simulasi tersebut, seluruh pa­nitia di 88 desa segera cepat tanggap. Hal itu agar hajat serentak di 88 desa berjalan baik. ”Simulasi pemungutan suara dimulai pukul 07:15 sampai 11:00 WIB. Istrirahat 15 menit. Dan pukul 11:15 WIB dilanjutkan dengan peng­hitungan suara,” bebernya.

Budi berharap simulasi per­tama kali yang digelar ini men­jadi contoh bagi 87 desa lain­nya. Informasi yang terhimpun, Pemkab Bogor akhir 2020 ini akan menggelar hajat pilkades di 88 desa periode 2020-2026. Tepatnya pada 22 November 2020. (yos/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *