Alhamdulillah, BLT Guru Honorer dan Ustadz Cair Bulan Ini

by -

METROPOLITAN – Men­teri Ketenagakerjaan (Mena­ker), Ida Fauziyah, memasti­kan dana BLT Guru Honorer dan Tenaga Pendidik (GTK) Non PNS segera cair kepada guru honorer yang telah me­menuhi persyaratan. Dana BLT Guru Honorer merupakan dana dari sisa anggaran BLT BPJS Ketenagakerjaan. Ter­dapat senilai Rp8 triliun dari sisa anggaran BLT BPJS Ke­tenagakerjaan yang akan disalurkan kepada guru ho­norer.

“Namun dari alokasi Rp37,7 triliun itu kami kembalikan lagi Rp8 triliun, karena data pekerja yang diterima awal 15,7 juta pekerja ternyata yang memenuhi syarat hanya 12,4 juta,” katanya.

Menaker Ida menyampaikan bahwa nantinya BLT guru honorer ini akan diberikan kepada Guru Honorer dan Tenaga Pendidik (GTK) non-PNS di lingkup Kementerian Pendidikan dan Budaya (Ke­mendikbud) dan Kemente­rian Agama (Kemenag). “Sisa anggaran akan diserahkan kembali ke Bendahara Ne­gara. Rencananya disalurkan untuk subsidi gaji/upah bagi guru honorer dan tenaga pen­didik, baik di lingkup Kemen­dikbud maupun Kemenag,” terangnya.

Baca Juga  Cek Disini, Panduan Lengkap dan Link Resmi Penerima BLT Gaji Rp 1 Juta

Kemnaker Ida Fauziyah menyampaikan, tak hanya pekerja yang terkena dam­pak Covid-19, tapi juga guru honorer terdampak Covid-19. Sehingga perlu diberikan bantuan dari pe­merintah. “Banyak tenaga guru honorer yang meny­ampaikan surat pada Ke­menterian Ketenagakerjaan, bahwa mereka juga terdam­pak Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, dana yang di Ke­menterian Ketenagakerjaan kami kembalikan untuk se­lanjutnya ditransfer kepada tenaga guru honorer,” beber­nya.

Sementara itu. Dirjen Pen­didikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, menyampaikan bahwa Menteri Agama Fach­rul Razi telah mengusulkan agar BLT guru honorer bisa disalurkan kepada guru ho­norer yang telah memenuhi persyaratan. “Kami usulkan total ada 864.840 guru Non PNS yang diusulkan untuk diverifikasi oleh Badan Penyel­enggara Jaminan Sosial (BPJS),” katanya.

Baca Juga  Dapat BLT Warga Tajurhalang Semringah

Sebelumnya, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai terhadap guru dan ustadz di Indonesia. Pemberian BLT itu untuk me­nolong ekonomi mereka aki­bat terdampak pandemi Co­vid-19.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, pihaknya akan memberikan insentif terhadap mereka melalui skema bantuan so­sial (Bansos) dan BLT. ”Ban­tuan pemerintah dari sisi kesehatan juga dalam bentuk pengadaan dan pemberian rapid test, swab test yang dila­kukan oleh pemerintah bagi para santri yang menunjukkan gejala indikasi covid di ling­kungan pesantren,” kata Sri Mulyani dalam video virtual.(okz/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *