Alhamdulillah, Komisi III Mulai Kerja

by -

METROPOLITAN – Komisi III DPRD Kabupaten Bogor mulai bekerja. Para wakil rakyat itu kini tengah mengawasi sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah dilakukan Dinas Peker­jaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor. Terlebih target pembangunan tersebut mesti selesai pada akhir tahun ini.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Sastra Winara mengatakan, setidaknya ada beberapa proyek in­frastruktur yang ditargetkan mesti rampung pada Desember ini. Se­perti peningkatan kualitas jalan di Jalan Bojonggede-Citayam, pembangu­nan pedestrian di kawasan Stadion Pakansari, di Jalan Ediyoso, Cibinong dan penataan jalan di simpang un­derpass, Sentul, Kabupa­ten Bogor.

”Kami dari Komisi III sudah menekankan kepada DPUPR jangan sampai ada pembangunan yang lewat dari batas waktu, karena kalau telat kita semua rugi. Kontraktor mesti bayar 0,1 persen setiap harinya, kita juga diru­gikan karena mendapatkan image miring,” katanya.­

Baca Juga  Komisi III Tuntut PAD ke Perumda TJM

Untuk memastikan semuanya berjalan sesuai target, Komisi III berencana memanggil DPUR Kabupaten Bogor pada per­tengahan Desember nanti. ”Pertengahan Desember nan­ti kami akan panggil lagi DPUPR. Kami harus pastikan kalau proyeknya berjalan sesuai tar­get dan rencana yang sudah ditetapkan,” tegasnya.

Saat ada proyek yang masih di bawah 80 persen, sambung­nya, Sastra tak segan membe­rikan teguran kepada pengawas dan pelaksana. Bahkan pihaknya akan mengajukan keberatan agar pelaksana tidak usah ikut lelang kembali di Kabupaten Bogor.

”Kalau ada pemborong yang telat, kita akan minta kalau yang bersangkutan tidak bo­leh ikut lelang lagi, karena itu bagian dari wanprestasi. Kami sudah sampaikan di rapat, kami akan awasi semua. Kalau ada pekerjaan yang belum selesai dan meleset dari target silahkan adukan ke kami,” tutupnya.

Baca Juga  Komisi C Mencak-mencak Lihat Jalan Merdeka

Sementara itu, Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I Cibinong Agus Sukwanto mengatakan, setidaknya ada tiga program pembangunan peningkatan kualitas jalan yang sejak September kema­rin digarap Pemkab Bogor.

Tiga lokasi tersebut yakni peningkatan kualitas jalan di Jalan Bojonggede-Citayam, pembangunan pedestrian di kawasan Stadion Pakansari, di Jalan Ediyoso, Cibinong dan penataan jalan di simpang underpass, Sentul, Kabupaten Bogor.

”Ketiga proyek tersebut tetap kita lakukan mesti di tengah kondisi covid-19 seperti saat ini. Hal itu karna ketiganya merupakan program prioritas kita. Apalagi kondisi di keti­ganya sangat memprihatikan dan butuh segera penanganan,” katanya.

Untuk peningkatan kualitas jalan di di Jalan Bojonggede-Citayam, Pemkab Bogor mengeluarkan dana sebesar Rp2,751 miliar. Sementara penataan jalan di simpang underpass, Sentul, menelan anggaran sebesar Rp5,5 mi­liar. ”Kalau untuk pembangu­nan pedestrian di kawasan Stadion Pakansari, di Jalan Ediyoso, Cibinong, Kabupaten Bogor, kita mengeluarkan anggaran sebesar Rp23,8 mi­liar,” bebernya.

Baca Juga  Komisi III Sidak ke Jembatan Cijujung

Agus menargetkan ketiga proyek tersebut mesti rampung pada akhir tahun ini. Bahkan rata-rata waktu pengerjaan ketiga proyek tersebut berki­sar seratus hari kerja hingga 110 hari kerja, sesuai kontrak kerja yang sudah disepakati.

”Peningkatan kualitas jalan di Jalan Bojonggede-Citayam harus selesai di akhir Desem­ber ini. Begitu juga penataan jalan di simpang underpass, Sentul dan pembangunan pedestrian di kawasan Sta­dion Pakansari,” pungkasnya. (ogi/b/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *