Bongkar Baliho Habib Rizieq di Bogor, TNI Siap Bantu

by -

METROPOLITAN.id – Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Inf Sukur Hermanto mengaku siap membantu menertibkan spanduk liar, termasuk baliho Habib Rizieq Shihab di wilayah Kabupaten Bogor.

Menurutnya, penertiban spanduk bukanlah wewenang Kodim 0621, melainkan kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Itu kan lebih kepada pemerintah daerah yang punya rencana, karena yang lebih berwenang soal itu pemerintah daerah. Kalau kami sifatnya hanya mendukung kebijakan dari pemerintah daerah dalam bentuk apapun,” katanya saat dikonfirmasi Metropolitan, Minggu (22/11).

Meski begitu, sukur mengaku siap mendukung program Pemkab Bogor jika memang hal tersebut diperlukan.

“Diminta untuk membantu penertiban umum kita siap ikut, diminta untuk membantu kegiatan penanganan bencana kita ikut, mau kegiatan yang sifatnya bakti sosial kita siap ikut. Kalau kami sifatnya sangat siap untuk membantu ketertiban umum,” tegasnya.

Sejauh ini, Sukur mengaku pihaknya belum menerima surat permohonan bantuan dari Pemkab Bogor terkait penertiban spanduk dan baliho liar, ermasuk penurunan spanduk dan baliho Habib Rizieq.

“Kita akan dukung dan membantu kalau memang untuk ketertiban umum. Lagi pula itu kan diatur dalam peraturan daerah. Jadi intinya kita siap mendukung, sinergi dan kolaborasi. Lagi pula, inikan hal yang biasa kita lakukan dari sebelum-sebelumnya,” pungkasnya.

Di Kota Bogor, penurunan spanduk dan Habib Rizieq mulai dilakukan, Minggu (22/11). Petugas gabungan dari Satpol PP, TNI dan Polri menyisir jalan protokol hingga pemukiman untuk menurunkan sapanduk dan baliho liar. Aksi ini juga dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun pantauan Metropolitan.id, spanduk Habib Rizieq masih banyak terpasang di wilayah Kabupaten Bogor, seperti di wilayah Puncak. Spanduk dan baliho besar masih nampak berdiri di jalan protokol dan pemukiman, Sabtu (21/11) malam. (ogi/c/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *