Camat Warning Klaster Pilkades

by -

METROPOLITAN – Camat Dramaga, Ivan Pramudia, mengangkat sebanyak tiga se­kretaris desa (sekdes) menjadi pelaksana harian (plh) di tiga desa di wilayahnya. Ini dilaku­kan menyusul ketiga kepala desa (kades), yakni Desa Cihe­rang, Sukadamai dan Negla­sari kembali maju di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Sesuai SK Bupati Bogor, Ivan menambahkan, jabatan kades Neglasari, Sukadamai dan Ciherang masa baktinya hingga 15 Januari 2021. Se­suai aturan, kades yang kem­bali mencalonkan diri untuk periode berikutnya dan masih belum berakhir masa jabatan­nya diwajibkan cuti sampai 20 Desember 2020.

”Kades incumbent menyam­paikan surat cuti ke kecamatan. Lalu, camat menerbitkan surat keputusan penetapan sekdes menjadi plh sampai 20 Desem­ber 2020,” ujarnya. Menurutnya, proses cuti dilakukan setelah penetapan calon dan nomor urut petahana yang maju dalam Pilkades 2020. Setelah cuti ka­des berakhir, pada Senin (21/12) kades kembali bekerja sesuai kewenangannya.

Baca Juga  Mau Tawuran, 20 Pelajar Diamankan Polsek Dramaga

Karena perhelatan Pilkades kali ini dilakukan di tengah pandemi, plh kades harus mengingatkan warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak ter­jadi klaster baru di Pilkades.

”Kewenangan plh dengan kades definitif berbeda. Con­tohnya, plh tidak bisa men­gubah APBDes, termasuk tanda tangan administrasi seperti SPH atau Akta Tanah. Tapi mereka berkewajiban mencegah penyebaran Covid di tengah perhelatan Pilkades,” tukasnya. (ads/b/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *