Gandeng Pemuda Kembangkan Ternak Ikan dan Hidroponik

by -

Meningkatkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Yayasan Transformasi Bangsa mengembangkan usaha di bidang pertanian dan perikanan. Mereka fokus pada tanaman hidroponik dan organik, serta peternakan ikan dan kambing di Kampung Cikoleang, Desa Sukamulya, Keçamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

HASIL tani beserta ternak dapat dijual hingga wilayah Tangerang. Yayasan Transfor­masi Bangsa juga memberi pemberdayaan secara gratis kepada warga desa setempat guna meningkatkan pereko­nomian di tengah masyarakat saat pandemi Covid-19.

”Pemberdayaan ekonomi di masyarakat ini untuk mening­katkan ekonomi masyarakat, yang tadinya tidak bekerja bisa bekerja. Dan yang tidak punya pekerjaan kita latih,” kata Ketua Yayasan Transfor­masi Bangsa, Wiryo Hadi, kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menuturkan, tanaman hidroponik dan organik ter­sebut berdiri di lahan tanah 4,5 hektare. Letaknya berada di wilayah perbatasan Bogor dengan Tangerang, dengan menerapkan tiga sistem cara budi daya dan menghasilkan tanaman yang lebih segar dan lebih sehat.

”Dalam pemberdayaan guna pengembangan penguatan ekonomi masyarakat Sukam­ulya, kami juga melibatkan Karang Taruna Desa Sukamulya, kepala desa serta jajaran Pe­merintah Desa Sukamulya,” tambah Wiryo.

Baca Juga  Belajar Berkebun Pakai Hidroponik

”Di sini ada sayuran, peterna­kan ikan dan ternak domba dan sapi. Nah, kotoron sapi bisa dipakai untuk kebun buah, kotoran ikan bisa dipa­kai membuat sayur. Hasil sayur bisa dipakai kasih ma­kanan untuk sapi. Jadi mutar,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Desa Sukamulya Dadang menyam­but baik program yayasan. Menurutnya, kegiatan ini jadi suatu peluang untuk para pe­muda di Desa Sukamulya.

”Saya akan melakukan eva­luasi bersama jajaran pengu­rus karang taruna tingkat desa untuk menyambut pelu­ang yang diberikan Yayasan Transformasi Bangsa. Karena pengembangan tanaman hi­droponik dan organik, peterna­kan ikan dan domba beserta sapi, akan memberi dampak pada ekonomi di masyarakat,” pungkasnya. (sir/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *