Hotel dan Resto di Bogor Bakal Diguyur Bantuan Ratusan Juta

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan bantuan dana sebesar Rp80,9 miliar dari Kemenparekraf untuk membantu menstimulus sektor pariwisata akan terserap maksimal hingga akhir tahun ini. Salah satu alokasinya adalah untuk hotel dan resto yang besarannya mencapai ratusan juta.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, saat ini proses pendistribusian sedang berjalan. Baik bantuan untuk hotel dan restoran, maupun bantuan untuk peningkatan sarana dan prasarana di sejumlah destinasi wisata.

“Kemarin kami sudah kupas tuntas alokasi dan peruntukan bantuan ini. Alhamdulilah semua berjalan lancar, kami yakin sampai akhir tahun nanti, anggaran dapat terserap,” kata Iwan, Sabtu (21/11).

Untuk hotel dan restoran, saat ini Pemkab Bogor tengah melakukan verifikasi data, meliputi berkas Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), bukti pembayaran pajak mulai 2019 hingga 2020 dan berkas administrasi lainnya.

Sampai saat ini, ada sekitar 121 hotel dan 171 restoran yang sedang diverifikasi kelengkapan berkasnya. Nantinya hotel dan restoran tersebut akan mendapat bantuan sesuai dengan nominal kumulatif pajak yang dibayarkan per tahun.

“Untuk besaran hotel dan restoran, bantuannya bervariasi. Kalau hotel dan restoran dihitung dari konversi pajak yang dibayar dalam satu tahun. Ada yang mendapatkan Rp300 juta, ada yang dapat Rp200 juta, ada juga yang Rp150 juta,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan, bantuan tersebut diberikan pemerintah pusat untuk Kabupaten Bogor sebagai program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Bantuan tersebut diperuntukkan untuk membantu menstimulus sektor pariwisata.

Jika dipresentasikan, dari total bantuan Rp80,9 miliar, 70 persen anggaran bakal dialokasikan untuk membantu hotel dan restoran, 25 persen untuk peningkatan sara dan prasarana pariwisata dan 5 persen lainnya untuk mengurusi administrasi sosialisasi dan lainnya.

Burhanudin meminta kepada dinas terkait untuk memaksimalkan serapan anggaran tersebut. Ia ingin, bantuan tersebut mampu terserap secara maksimal di sisa waktu dua bulan terakhir ini.

“Ibu bupati memerintahkan, agar anggaran pemulihan di bidang ekonomi dan pariwisata ini diupayakan harus terserap, walaupun nilainya cukup fantastis dan di waktu yang sempit ini. Saya minta kita bersama-sama berusaha untuk menyerap bantuan ini,,” ungkapnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *