Pemkab Bogor Dapat Tambahan 66 Ruang Isolasi Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Arta Graha Peduli secara resmi menjalin kerjasama pemanfaatan gedung sebagai tempat isolasi mandiri untuk penanganaan pasien positif Covid-19.

Kerjasama dilakukan lewat penandatangan MoU di gedung Pusdiklat Arta Graha Peduli, Cibogo, Puncak, Kabupaten Bogor, Kamis (19/11).

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengaku sangat terbantu dengan adanya kerjasama ini. Sebab, kondisi saat ini penanganan pasien Covid-19 di 28 rumah sakit yang ada di Kabupaten Bogor hampir mengalami kelebihan kapasitas.

“Bahkan saat ini, pasien di tempat isolasi BPSDM Kemendagri yang di Kemang terus mengalami peningkatan. Jadi kita masih kurang, khususnya dalam menangani kasus Covid-19 pada Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Iwan.

Rencananya, gedung pusdiklat milik Arta Graha Peduli di kawasan Cibogo, Puncak ini bakal dijadikan tempat isolasi dan penanganan pasien Covid-19 yang berstatus OTG.

Baca Juga  27 DPC Usung Mulyadi Maju Cagub

“Tempat ini akan kita prioritaskan untuk penanganan pasien OTG. Jadi di Kemang khusus ODP dan PDP, di sini khusus OTG,” terangnya.

Iwan meyakini, pemanfaatan gedung pusdiklat milik Arta Graha Peduli ini sangat membantu dalam proses penyembuhan pasien Covid-19.

“Apalagi suasana di sini sejuk dan berbasis alam. Saya yakin pasien yang diisolasi di sini akan cepat sembuh, karena nuansa alam di sini yang bisa memberikan rasa nyaman,” ungkap Iwan.

Iwan menjelaskan, gedung pusdiklat milik Arta Graha Peduli tersebut memiliki daya tampung 66 tempat tidur.

Ia berharap, kerjasama ini bisa juga diikuti oleh pihak lainnya untuk pemenuhan kebutuhan ruang isolasi di Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Waspada, Bogor Ditetapkan Jadi Zona Merah Covid-19 oleh Satgas Nasional

“Semoga ini bisa menjawab kekurangan kita untuk penanganan Covid-19. Jadi saya harap tidak hanya di sini saja, jadi nanti akan ada juga di wilayah Bogor lainnya. Misal untuk mencover kebutuhan ruang isolasi di Bogor Timur dan Bogor Barat,” harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Arta Graha Peduli, Veni Vanessa Halim mengaku senang bisa ikut ambil bagian dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Bogor. Terlebih kondisi saat ini, kebanyakan rumah sakit rujukan selalu penuh dengan pasien Covid-19.

“Tentu kita sangat senang bisa membantu Pemkab Bogor dalam memerangi Covid-19. Makanya dengan kerjasama ini diharapkan bisa membantu mengatasi overload penanganaan Covid-19 di rumah sakit rujukan,” tandasnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *