Perumda BPR Kota Bogor Gandeng Baznas Kelola Zakat ASN

by -

METROPOLITAN – Pe­rumda BPR Bank Kota Bogor melaksanakan kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bo­gor dalam Pengelolaan Za­kat, Infak dan Sedekah (ZIS) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bogor.

Humas dan CSR Perumda Bank Kota Bogor Aprillia Purwanti mengatakan, ker­ja sama ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengelo­laan zakat profesi, infak dan sedekah agar bisa membe­rikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan taraf hidup mustahik, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor.

Sesuai Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 118 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Zakat Profesi, Infak dan Se­dekah dari Pejabat Negara, ASN dan Calon ASN, serta Dewan/Badan Pengawas, Direksi dan Pegawai Pada Badan Usaha Milik Daerah dan Badan Layanan Umum Daerah di Lingkungan Pe­merintah Daerah, Perumda Kota Bogor ditetapkan se­bagai tempat penyimpanan hasil pengumpulan dan pemungutan ZIS dengan atas nama Baznas Kota Bogor.

“Tertanggal 1 Desember 2020 hasil pemungutan dan pengumpulan ZIS sudah bisa disetorkan ke Baznas Kota Bogor,” ungkap Aprillia.

Selain itu, UPZ diwajibkan melaporkan pelaksana ke­giataan pemungutan dan pengumpulan ZIS kepada Baznas Kota Bogor secara berkala setiap satu bulan sekali dan paling lambat setiap tanggal 5 setiap bulan­nya.

“Lalu Baznas Kota Bogor wajib melaporkan penyalu­ran dan penyalahgunaan dana ZIS kepada wali kota Bogor secara berkala setiap sebulan sekali paling lambat tanggal 10 setiap bulannya,” terangnya.

Menurut Aprillia, dengan dipercayanya BPR Bank Kota Bogor sebagai bank penampung dana pengum­pulan dan pemungutan ZIS para ASN Kota Bogor, hal tersebut menjadi amanah bagi Bank Kota Bogor untuk dapat mengelola ZIS tersebut dalam meningkatkan kon­tribusinya bagi PAD Kota Bogor ke depan.

“Semoga dengan ditetap­kannya Perwali ini dapat mendorong peningkatan pengumpulan ZIS di wilayah Kota Bogor. Dengan begitu akan semakin banyak masy­arakat yang membutuhkan, khususnya masyarakat Kota Bogor dapat terbantu dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya,” tandas­nya. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *