Produksi Air Bersih Bertambah, Kualitas Dijaga

by -

METROPOLITAN – Sistem Peny­ediaan Air Minum (SPAM) Katu­lampa merupakan salah satu infra­struktur milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor yang berfungsi mengo­lah air baku sungai menjadi air mi­num.

Lokasinya yang berada di dekat aliran Sungai Ciliwung, membuat aliran sungai yang memiliki hulu di Kabupaten Bogor itu menjadi pe­masok air baku utama.

Asisten Manajer Pengolahan 2 PDAM Tirta Pakuan Asep Yoga men­gatakan, sebagai upaya meningkat­kan pelayanan kepada pelanggan di Kota Bogor, PDAM Tirta Pakuan saat ini sudah menambah kapasitas produksi air melalui SPAM Katulampa. ­

Hal itu, jelasnya, dimaksud­kan untuk menanggulangi keluhan-keluhan para pelang­gan yang terjadi di sebagian wilayah, yakni zona 1, 3 dan 4.

“Guna mengalirkan air dari SPAM Katulampa ke wilayah-wilayah yang mengalami gangguan pengaliran, PDAM Tirta Pakuan melakukan pe­masangan pipa distribusi utama di Jalan Sukaraja sam­pai Cimahpar,” katanya.

Tidak tanggung-tanggung, SPAM Katulampa yang sudah diresmikan sejak 2019 itu ter­nyata mampu memproduksi air bersih sebanyak 300 liter per detik.

Pelayanan terhadap 21 ribu pelanggan itu pun hanya memakan biaya anggaran perawatan sebesar Rp1,2 juta tiap dua bulan sekali un­tuk empat pegawai. Sebab, saat ini perawatan atau per­baikan masih di bawah tang­gung jawab kontraktor PT WKE dari Kementerian PUPR.

”Dari PDAM cuma perawa­tan rutin pembersihan lumpur di unit-unit instalasi setiap dua bulan sekali,” ungkap Asep.

Untuk menjaga kualitas pa­sokan air baku yang masuk instalasi pengolahan air, pihak Perumda Tirta Pakuan dari sub divisi pengolahan terus berkoordinasi dengan sub divisi sumber untuk menjaga kelancaran air baku dan un­tuk menjaga lingkungan se­kitar Sungai Ciliwung.

Namun, kendala ada saja yang ditemui. Di mana sam­pah yang dibuang ke sekitar badan Sungai Ciliwung sang­at banyak. Sehingga apabila banjir dengan banyaknya sampah akan menghambat aliran ke instalasi, sehingga mengalami penurunan pro­duksi.

”Untuk target kami akan mengoptimalkan produksi sesuai program-program ma­najemen. Untuk mendukung program, kami anggarkan peralatan-peralatan pendu­kung untuk kelancaran pro­duksi sesuai kapasitas SPAM Katulampa,” tutup Asep.

Selain SPAM Katulampa, Perumda Tirta Pakuan juga memiliki SPAM Dekeng yang bisa memproduksi air bersih sebanyak 1.500 liter per detik. Untuk melakukan peningka­tan pelayanan berupa pro­duksi air bersih, membutuh­kan anggaran yang tidak kecil.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Syaban Maulana mengungkapkan, untuk membangun SPAM Katulampa saja membutuhkan anggaran sampai Rp60 miliar.

”Untuk itu, Perumda Tirta Pakuan memang membutu­hkan dukungan dari seluruh elemen pemerintah, baik daerah dan pusat, untuk mengembangkan pelayanan,” ungkap Syaban.

Rencananya, untuk meng­kaver wilayah Kecamatan Bogor Barat, Perumda Tirta Pakuan akan membangun SPAM Mawar di dekat aliran Sungai Cisadane.

Pembangunan SPAM ini untuk menjawab keluhan masyarakat di Kecamatan Bogor Barat. Namun, Syaban belum bisa berbicara banyak karena masih harus mencari dana untuk pembangunan ini.

”Kontur Kota Bogor yang memiliki kondisi unik, di mana tanahnya naik-turun, membuat permasalahan da­lam hal penyaluran air. Ren­cananya, untuk mengkaver wilayah Bogor Barat, PDAM akan membuat SPAM di Ma­war,” pungkasnya. (dil/c/feb/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *