Rumah Warga Tenjolaya dan Tamansari Dihantam Puting Beliung

by -

METROPOLITAN – Dua rumah warga di Desa Gunungmulya, Kecamatan Tenjolaya, terkena angin puting beliung. ”Ada dua rumah warga rusak akibat puting beliung. Tapi paling parah rumah milik bapak Mansur, warga Kampung Semper, RT 01/03, Desa Gunungmulya,” ujar Camat Tenjolaya, Farid Ma’ruf.

Farid mengatakan, Kecama­tan Tenjolaya masuk wilayah rawan bencana alam, longsor dan angin puting beliung. Namun dari tujuh desa yang kerap terjadi bencana yakni Desa Gunungmalang. Ia juga sudah menginstruksikan para kepala desa agar tangkap ben­cana. Selain itu, warga yang tinggal di daerah rawan ben­cana dan area rawan longsor agar mengungsi ke tempat aman ketika terjadi hujan deras.

”Rumah warga yang rusak berat sedang sudah didata oleh pemdes dan di laporan ke BPBD Kabupaten Bogor. Rata-rata rumah warga yang rusak akibat puting beliung di bagian atap,” terangnya. Selain di Tenjolaya, kerusakan juga terjadi di Tam­ansari, Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Bencana Angin Puting Beliung, Disertai Petir di Ciseeng, Bogor.

Tamansari, Bayu Ramawan­to, menyebutkan, ada enam desa yang terdampak bencana hidrometeorologi, yakni Desa Sukamantri, Tamansari, Suka­maju, Sukajaya, Sukaresmi dan Desa Sirnagalih. ”Dampak paling parah terjadi di Desa Sukamantri. Laporan semen­tara empat rumah rusak berat. Ada yang tertimpa pohon,” kata Bayu.

Umumnya kerusakan bangu­nan yang tersebar di enam desa terjadi pada bagian atap rumah akibat terbawa angin puting- beliung. Sampai saat ini, petugas gabungan masih mendata rumah warga yang terdampak. ”Petugas masih melakukan assesmen, men­data rumah warga yang rusak berat, sedang dan ringan, tapi lebih banyak rusak ringan,” ka­tanya. Tim lainnya mengeva­kuasi sejumlah pohon tumbang yang menimpa bangunan rumah dan membantu warga mem­perbaiki atap rusak. “Kalau yang rusak ringan oleh warga langs­ung diperbaiki saat itu juga,” ujarnya. (ads/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *