Satgas Covid Izinkan Sekolah Dibuka 2021

by -

METROPOLITAN – Kabar menyenangkan datang bagi wali murid yang mengeluh­kan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pan­demi corona. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah (pemda) terkait pembukaan kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021.

Kepala Satgas Covid-19, Doni Monardo, menuturkan, keputusan ini diambil ka­rena PJJ di Indonesia masih banyak kekurangan, bahkan disebut akan berpotensi mem­buat pendidikan anak terting­gal serta kesehatan mental anak menjadi terganggu.

“Pada prinsipnya satgas sangat mendukung kebijakan dan keputusan bersama em­pat menteri dalam mem­buat ketentuan baru sistem belajar dalam masa pandemi ini. Memang harus kita akui tidak mudah untuk menda­patkan sebuah program ideal dalam kegiatan belajar mengajar. Di banyak tempat masih banyak daerah yang sulit sinyal untuk menyelen­ggarakan kegiatan belajar online,” bebernya.

Baca Juga  Yayasan Pelita Harapan Buka Cabang ke-45 di Kota Bogor

Untuk itu, ia meminta pem­da satu bulan ke depan mu­lai mempersiapkan diri ber­sama dengan pemangku kepentingan. Di antaranya seperti Dinas Kesehatan, pengelola sekolah dan orang tua murid untuk memutuskan kebijakan terbaik dan anak aman Covid-19.“Kebijakan untuk menyerahkan kegia­tan pembelajaran tatap mu­ka kepada pemerintah daerah menurut saya merupakan salah satu langkah yang sangat bijaksana. Situasi di daerah harus kita akui lebih dipahami dan lebih dimenger­ti pimpinan di daerah,” ujar­nya. Begitu pula para pejabat di tingkat provinsi kabupaten kota, kepala dinas dan orang tua harus mendapatkan in­formasi utuh, termasuk perlu dilakukan simulasi sebelum kegiatan ini dimulai. Namun jika terjadi klaster sekolah, pihaknya akan men­cabut SKB tersebut.

“Jika terdapat perkembangan yang menjurus pada risiko keamanan, terutama terkait kesehatan, keamanan dan keselamatan murid dan gu­ru, mohon kebijakan tersebut bisa dihentikan sementara sampai situasi lebih baik lagi,” pungkasnya.(jp/rez/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *