Tempat Wisata Bogor Dijatah Bantuan Rp200 Juta

by -

METROPOLITAN – Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor bakal mendistribusikan bantuan dari Kementerian Pariwi­sata dan Ekonomi Kreatif (Kemen­parekraf ) kepada sejumlah pariwi­sata di Kabupaten Bogor.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, bantuan senilai Rp80,9 miliar bakal diberikan kepada sejum­lah pariwisata di Kabupaten Bogor. Meski begitu, ada sejumlah kriteria khusus untuk calon pe­nerima bantuan tersebut.

”Bantuan ini akan kami berikan untuk pariwisata yang dikelola BUMDes, Desa Wisata, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan wisata yang dikelola pemerin­tah daerah. Jadi, bantuan ini bukan untuk wisata swasta,” katanya, belum lama ini.­

Meski waktu efektif pemerin­tahan tak lebih dari 30 hari, pihaknya mengaku optimistis jika bantuan tersebut bisa terserap di sisa waktu yang ada. ”Optimis bisa terserap, kemarin-kemarin sudah kami matangkan pembahasannya,” tegasnya.

Dari total bantuan yang di­berikan Kemenparekraf se­nilai Rp80,9 miliar, 30 persen di antaranya bakal diberikan kepada pariwisata. Setiap pariwisata yang dikelola BUM­Des, Desa Wisata, LMDH dan wisata yang dikelola pemerin­tah daerah bakal mendapat­kan bantuan tak lebih dari Rp200 juta untuk setiap de­stinasi wisata.

Baca Juga  Rute Menuju Lokasi Wisata

”Ada 15 tempat wisata yang dapat bantuan. Mengingat waktu kita cukup mepet, jadi sistemnya kita berikan untuk masing-masing destinasi wi­sata tak lebih dari Rp200 juta. Kenapa segitu supaya peng­gunaan dana itu bisa penunju­kan langsung dan tidak mela­kukan lelang,” bebernya.

Siasat tersebut dilakukan untuk mempermudah peng­elola pariwisata jika ingin menggunakan anggaran ter­sebut untuk pembangunan sarana dan prasarana. ”Kalau kita berikan di atas Rp200 juta kan mesti lelang. Kalau lelang lama yang ada nanti malah tidak terserap,” tuturnya.

Meski begitu, Iwan meminta proses penyerapan dan peng­gunaan tersebut benar-benar diawasi pihak terkait. ”Karena nanti sistemnya penunjukan langsung, saya minta semua pihak yang bersangkutan mem­bantu mengawasi,” tutupnya. (ogi/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *