Waduh, Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Cibinong Penuh, Warga Diminta Isolasi Mandiri di Rumah

by -

METROPOLITAN.id – Masih tngginya penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor membuat sejumlah ruang isolasi khusus penuh.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, sejak Senin (23/11) hingga Sabtu (28/11) penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor mencapai 197 kasus, dengan rata-rata penambahan kasus harian mencapai 40 hingga 50 kasus.

Wakil DirekĀ­tur (Wadir) Bidang Pelayanan RSUD Cibinong, dr Fusia Mediawaty mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 yang terbilang cukup tinggi membuat pihaknya kewalahan. Akibatnya, ketersediaan ruang isolasi di RSUD Cibinong menipis.

Menurutnya, RSUD Cibinong memiliki ruang isolasi sebanyak 160 tempat tidur. Terdiri dari ruang khusus anak, ibu hamil dan dewasa.

“Kapasitas ruang isolasi kami itu 160. Sedangkan sejak dua pekan kemarin, kami menerima 120 sampai 135 pasien per hari dengan sirkulasi keluar masuk. Ini yang menyebabkan ruangan isolasi kami penuh,” kata Fusia, Minggu (29/11).

Baca Juga  Hotel Seruni Produksi Air Kemasan Tanpa Izin?

Atas kondisi itu, ia menyarankan agar masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG), melakukan isolasi mandiri di rumah dan meminta petugas Puskesmas untuk melakukan pengecekan.

“Karena kalau memaksakan dirawat di RSUD akan sangat riskan. Takutnya yang OTG malah ikut bergejala, karena tertular dari teman satu ruangannya. Jadi lebih baik isolasi mandiri di rumah, sambil berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah,” tandasnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *