Wapres Izinkan Lulusan PPG Daftar Guru PPPK

by -

METROPOLITAN – Kabar baik datang di tengah pem­bukaan seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Pemerin­tah mengizinkan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum pernah mengajar bisa ikut seleksi PPPK 2021.

”Seleksi penerimaan guru PPPK 2021 terbuka untuk seluruh guru honorer, terma­suk yang sedang berstatus sebagai Tenaga Honorer K2 serta lulusan Pendidikan Pro­fesi Guru (PPG) yang belum mengajar,” terang Wakil Pre­siden, KH Ma’ruf Amin.

Menurutnya, pemerintah membuka seleksi guru PPPK 2021 untuk memenuhi kebu­tuhan tenaga pendidik yang makin besar di Indonesia. ”Pada 2021 pemerintah mer­encanakan untuk melakukan seleksi terbuka bagi calon guru PPPK. Diharapkan dengan awal yang baik ini penyelesaian status guru ho­norer secara bertahap bisa terselesaikan,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur Banten Ikut Kampanye Jokowi

Selain untuk memenuhi kebutuhan guru yang memi­liki kompetensi, sambung dia, perekrutan guru non-PNS tersebut diharapkan menjadi awal penyelesaian status para guru honorer di seluruh daerah Indonesia.

”Saat ini diperkirakan kebu­tuhan tambahan tenaga pen­didik di sekolah negeri adalah sekitar satu juta guru. Keku­rangan guru selama ini dit­utupi dengan menggunakan tenaga guru honorer,” imbuh­nya.

Pengangkatan PPPK diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Apara­tur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen PPPK. Pembu­kaan seleksi guru PPPK ter­sebut dilakukan karena kon­disi keuangan negara saat ini telah memadai untuk be­lanja pegawai honorer di sek­tor pendidikan.

”Dengan terbitnya peraturan pemerintah ini serta meng­ingat kondisi keuangan ne­gara yang telah memungkin­kan, sejak tahun lalu telah dilakukan pengangkatan guru PPPK walaupun jumlah yang sangat terbatas,” beber­nya.

Baca Juga  Sandiaga Disumbang Emak-emak

Wapres menegaskan, seluruh biaya seleksi ditanggung se­penuhnya oleh pemerintah, sehingga peserta di daerah tidak akan terhambat mengik­uti ujian apabila pemerintah daerah (pemda) setempat memiliki keterbatasan ang­garan.

”Dengan seluruh dukungan yang diberikan pemerintah, saya mengharapkan semua calon guru yang berminat bisa memanfaatkan kesem­patan ini sebaik-baiknya,” ujarnya.(jpnn/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *