Ya Allah… Jari Bayi Nongol di Keresek

by -

Warga Perumahan PDK, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, digegerkan dengan penemuan bayi dibungkus keresek berwarna hitam, kemarin. Bayi berjenis kelamin perempuan yang masih berbentuk janin itu dibuang dalam kondisi sudah membusuk.

Informasi yang dihimpun, penemuan bayi itu terungkap setelah warga Perumahan PDK terganggu dengan bau busuk di salah satu selokan. Aroma tak sedap itu berasal dari sebuah plastik berwarna hitam. “Dari pagi baunya sudah tercium. Tapi warga ngira itu hanya bau bangkai tikus saja,” kata warga sekitar, Echa.

Pada siang harinya, lanjut Echa, ada salah seorang warga yang penasaran dengan bau itu memberanikan diri menghampiri sumber bau tersebut. “Ternyata pas dibuka dalam plastik hitam ada jari keluar, dan dibuka lagi ternyata mayat bayi perempuan,” terangnya.

Baca Juga  Mayat Bayi yang Dikubur Akibat Hasil Diluar Nikah

Penemu pertama jasad bayi tersebut, Adi, mengaku awalnya mendengar informasi itu dari ibu-ibu yang sedang nongkrong di lokasi. ”Saya tadi dikasih tahu ibu-ibu, katanya bau bangkai dari pagi. Pas saya cek, bungkusnya menggelembung. Saya yakin itu mayat. Eh pas dibuka sama saya, keluar jari dan benar mayat,” katanya.

Adi menjelaskan plastik tersebut berlapis sampah berupa makanan dan sabun. ”Bungkusan itu lapisan pertama sampah, ada sampah sampo warna biru dan sampah lainnya. Pas dibungkus kedua dan plastik hitam, janin bayi,” jelasnya.

”Itu anak kecil jenis kelamin perempuan. Sudah membentuk bayi itu mah, kisaran tujuh bulanan lah. Itu sudah lengkap, jarinya juga sudah kelihatan banget,” sambungnya.

Baca Juga  Usai Melahirkan Bayinya Langsung Dibuang, Ibu Kandung Ditangkap Polisi

Adi pun lantas melapor ke pihak RT dan RW sekitar, yang langsung ke pihak kepolisian. ”Tadi kisaran jam 15:15 WIB lah, saya lapor ke RT/RW dan kepolisian, datang langsung dievakuasi. Diangkut pakai mobil polisi,”ujarnya.

Menanggapi hal itu, Paur Sub Bag Humas Polresta Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar membenarkan adanya kejadian tersebut.

Berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sementara, jelasnya, mayat tersebut diperkirakan masih berusia tujuh sampai delapan bulan kandungan. Diduga bayi itu korban aborsi orang tuanya dan sengaja dibuang. ”Masih janin, diduga korban hasil aborsi,” katanya.

Saat ini mayat bayi tersebut sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor. Polisi sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mencari keberadaan orang tua bayi maupun pihak lain yang terlibat dalam kasus ini. ”Sekarang mayatnya sudah dibawa ke rumah sakit. Kami masih kumpulkan bukti-bukti dan saksi untuk mencari orangtua atau yang terlibat,” ujar Rachmat.

Baca Juga  Disdukcapil Siapkan KIA untuk Bayi Lahir

Terpisah, Humas RSUD Kota Bogor Taufik mengatakan, jasad bayi itu baru tiba di RSUD sekitar pukul 18:00 WIB. Saat ini tengah dibersihkan pihak rumah sakit. ”Lagi dibersihkan dulu, sekarang ada di ruangan forensik,” singkatnya.

Terkait apakah akan dilakukan autopsi terhadap bayi tersebut, Taufik belum bisa memastikannya. ”Nanti kita koordinasi dulu dengan kepolisian. Tapi kemungkinan akan diautopsi,” pungkasnya. (sua/dil/c/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.