Beredar Juga Nomor Telepon Palsu Mengatasnamakan Bupati Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Selain akun Facebook palsu Bupati Bogor Ade Yasin, muncul juga nomor palsu yang mengatasnamakan orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman tersebut.

Nomor tersebut diketahui menyebarkan informasi dan menawarkan berbagai bantuan program di luar informasi resmi yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Tersiar juga kabar bahwa ada nomor telepon yang mengatasnamakan Bupati Bogor. Maka perlu ditegaskan bahwa Bupati Bogor tidak pernah menyebarkan informasi dan menawarkan berbagai bantuan program apapun diluar informasi resmi yang dikeluarkan Pemkab Bogor melalui dinas terkait,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, Minggu (6/12).

Irwan meminta jika ada pihak yang menghubungi mengatasnamakan Bupati Ade Yasin, bisa dipastikan hal tersebut merupakan penipuan.

Baca Juga  Tips Biasakan Balita Menabung sejak Dini

“Jika ada yang menghubungi bapak, ibu, saudara, saudari yang mengatasnamakan Bupati Bogor, maka dipastikan itu palsu dan penipuan,” tegasnya.

Untuk itu, masyarakat diminta lebih berhati-hati jika mendapat informasi dari akun atau nomor yang mengatasnamakan Bupati Bogor.

“Masyarakat Kabupaten Bogor agar lebih berhati-hati dan waspada apabila mendapatkan informasi dari akun Facebook palsu dan nomor telepon palsu Bupati Bogor,” terang Irwan.

Sebelumnya juga, akun Facebook Palsu Bupati Bogor Ade Yasin berseliweran di media sosial. Akun tersebut sering menawarkan bantuan program di luar informasi resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil penelusuran Tim Media Sosial Bupati Bogor.

“Telah ditemukan pada platform media sosial Facebook akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Bogor Ade Yasin,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan, Minggu (6/12).

Baca Juga  Karyawan Positif Corona, Toko Bangunan Mitra 10 Diminta Tutup

Faktanya, Bupati Bogor Ade Yasin hanya memiliki satu akun Facebook asli dengan link profile https://www.facebook.com/ademunawaroh.yasin.

Akun asli diberi nama Ade Munawaroh Yasin dengan jumlah pertemanan mencapai 4864 teman. Akun asli menggunakan foto profil Ade Yasin mengenakan jilbab hijau dengan memegang mic.

Sebelumnya, muncul juga akun palsu mengatasnamakan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, September lalu.

Akun palsu itu ditemukan di Facebook dengan alamat https://www.facebook.com/iwan.setiawab.180. Akun tersebut diketahui mengiri pesan ke sejumlah orang dengan mengaku sebagai wakil bupati Bogor.

Beberapa orang sempat dihubungi akun tersebut melalui Facebook Messanger, termasuk calon kepala desa (kades). Dia berkomunikasi layaknya sebagai Wabup Bogor.

Bahkan, ada orang yang dikirimi pesan oleh akun tersebut dengan menawarkan mobil.

Baca Juga  Nurhayanti Resmikan Masjid Raya di Tenjolaya

Wabup Bogor Iwan Setiawan memastikan dirinya tak pernah menghubungi orang lewat pesan pribadi di Facebook Messenger. Ia menyebut akun tersebut palsu alias bukan dirinya.

“Saya pastikan itu akun palsu karena saya tidak pernah menghubungi orang lewat Facebook,” kata Iwan saat itu. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.