Hari Ini Habib Rizieq bakal Diperiksa Penyidik Polda Jabar

by -

METROPOLITAN – Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab yang di­tahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya ternyata mengisi hari-harinya dengan meny­elesaikan disertasinya dan membaca buku. Kuasa Hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan, sejauh ini Habib Rizieq memang mengisi hari-harinya dengan menyelesaikan disertasinya di dalam sel. “Ng­gak ada masalah, semuanya lancar,” kata Aziz.

Selain menyelesaikan diser­tasinya, Habib Riziez juga banyak membaca buku yang dibawakan keluarga di dalam sel. ”Selama di dalam sel habib tidak merasa kesepian, karena ada buku dan mengerjakan disertasinya,” tuturnya.

Seperti diketahui, Habib Ri­zieq resmi ditahan di Polda Metro Jaya terkait kasus keru­munan massa di Petamburan, Jakarta Pusat. Rupanya Habib Rizieq menempati sel yang sama seperti pada 2008. ”Sel umum cuma itu selnya di de­pan jadi itu selnya kecil dan sendiri dia tidak berbarengan. Memang itu ada beberapa sel, tapi minta jangan digabung dengan satu sel yang isinya 20 orang. Kebetulan yang ditem­pati Habib sekarang ini kosong,” tegasnya.

Baca Juga  Habib Rizieq Tetap Divonis 4 Tahun Penjara, Bandingnya Ditolak

Di kasus lain, Habib Rizieq akan diperiksa Senin (28/12) terkait penetapan tersangka kerumunan di Megamendung. Penetapan Habib Rizieq se­bagai tersangka tersebut ber­dasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan Polda Jabar pada Kamis (17/12). Adapun alat bukti tersebut antara lain keterangan saksi hingga buk­ti petunjuk. Polri mengatakan, Habib Rizieq sebagai tersang­ka tunggal dalam kasus terse­but. ”Hasil gelar perkara Polda Jabar pada 17 Desember hanya menetapkan MRS sebagai tersangka. (Habib Rizieq ter­sangka tunggal) Iya,” kata Di­rektur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian Djajadi.

Andi menuturkan, penetapan Habib Rizieq sebagai tersang­ka berdasarkan dari alat buk­ti yang telah dikumpulkan Tim Penyidik Polda Jabar. Andi menyebut alat bukti tersebut antara lain keterangan saksi hingga bukti petunjuk. ”Alat bukti yang diperoleh penyidik menunjukkan bahwa yang bertanggung jawab terkait peristiwa kerumunan yang berujung pelanggaran terhadap protokol kesehatan adalah MRS. (Alat bukti) keterangan saksi, ahli dan bukti petunjuk,” tuturnya.

Baca Juga  Cecar Bima Arya hingga Ungkit Restu Pilwakot Bogor, Habib Rizieq : Kita Kan Nggak Pernah Ketemu, Kenapa Nggak Pakai Jalur Kekeluargaan?

Andi menyampaikan, tim penyidik nantinya akan me­meriksa Habib Rizieq sebagai tersangka. Namun pemeriksa­an belum dijadwalkan. ”(Ha­bib Rizieq) Pasti diperiksa, hanya belum dijadwalkan,” ujarnya.

Ketua Bantuan Hukum FPI, Sugito Atmo Prawiro, menyebut Habib Rizieq dijadwalkan di­periksa sebagai tersangka pada Senin pekan depan. ”Se­nin (28/12) kan kita mau ada pemeriksaan Polda Jabar. (Pe­meriksaan Habib Rizieq) yang untuk tersangka Megamen­dung,” kata Sugito. (dtk/okz/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *