Keren, RPP Digital KPU Kabupaten Bogor Terbaik se-Jabar

by -

METROPOLITAN.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor diganjar penghargaan. Ruang Pintar Pemilu (RPP) yang dimilikinya menjadi yang terbaik se-Jawa Barat.

Penghargaan itu diberikan KPU Jabar dalam acara Pemberian Award untuk PPID, RPP dan Website Terbaik Serta Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten/Kota se-Jabar di Bandung, Senin (21/12).

Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni mengatakan, RPP merupakan pusat informasi seputar kepemiluan yang disajikan lewat berbagai media dan bisa dikunjungi siapapun.

Seiring perkembangan zaman, KPU Kabupaten Bogor terus berusaha menyajikan informasi seputar kepemiluan yang mudah diakses masyarakat. Salah satu caranya lewat digitalisasi.

“Dengan beberapa aplikasi yang kita tawarkan, dari 27 kabupaten/kota, KPU Kabupaten Bogor masuk ranking pertama RPP Digital,” kata Ummi.

Baca Juga  Penjelasan Mendikbud Nadiem Tentang Penyederhanaan RPP

RPP Digital KPU Kabupaten Bogor memiliki konsep yang diberi nama Better, kepanjangan dari Bogor Electoral Technology and Research.

Sesuai namanya, RPP ini menghadirkan informasi kepemiluan lewat teknologi dan riset.

“Kontennya misal kita punya simulator untuk e-voting nanti, kita punya database digital hasil peta politik dari tahun 2004, dan itu per-TPS bisa dilihat. Ini yang juga cukup unggul dibanding yang lain,” ungkapnya.

Ummi berharap, penghargaan ini bisa semakin memotivasi KPU Kabupaten Bogor untuk terus berinovasi dalam hal penyajian informasi dan pendidikan pemilih.

Ia ingin materi-materi kepemiluan bisa dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan lewat digital atau e-learning.

“Karena sekarang zamannya digitalisasi, e-learning. Kita berharap KPU Kabupaten Bogor terus berinovasi untuk e-learning, salah satunya lewat Better itu. Sekarang kami juga punya Podcast KPU. Dengan digitalisasi ini juga jadi tidak membatasi kami untuk memberikan edukasi kepada pemilih, seperti saat pandemi ini,” tandasnya. (fin)

Baca Juga  Panwaslu Turun ke Sukajaya Telusuri Perusakan APK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *