Pelajar Dilarang Liburan Akhir Tahun

by -

METROPOLITAN – Perhim­punan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) meminta masy­arakat, khususnya warga pendidikan, menunda wak­tu liburan di masa pandemi Covid-19. Hal ini mengingat jelang akhir 2020 akan ba­nyak hal yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Salah satunya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Bidang Advokasi Guru P2G, Iman Z Haeri, mengharapkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kemente­rian Agama (Kemenag) dan pemerintah daerah (pemda) membuat surat imbauan un­tuk warga pendidikan tidak berlibur sebelum Pembela­jaran Tatap Muka (PTM).

’’Kami mendesak Kemen­dikbud dan Kemenag ber­sama pemda membuat surat imbauan kepada sekolah-sekolah agar guru dan orang tua siswa tidak melakukan kegiatan liburan setelah te­rima rapor siswa,’’ terangnya seperti dilansir JawaPos.com, Senin (7/12).

Baca Juga  Pelajar Gunungsindur Minta Bupati Baru Perbaiki Jalan

Para wali kelas dan kepala sekolah juga harus mening­katkan komunikasi dengan orang tua siswa. Intensitas komunikasi di masa pan­demi dan liburan ini perlu dilakukan untuk saling menga­wasi aktivitas siswa. ’’Jangan sampai dengan alasan jenuh di rumah pasca-pelaksanaan PAS, para siswa malah mengis­inya dengan keluyuran ke mana-mana. Semua tindakan ini dilakukan sebagai tinda­kan preventif agar klaster sekolah tidak makin banyak. Guru dan siswa serta kelu­arga mereka tetap sehat jika di rumah,’’ bebernya.

Begitu pula dengan trans­paransi kepala sekolah dan manajemen yayasan sekolah untuk tidak menutup-nutu­pi jika ada guru, tenaga ke­pendidikan dan siswa di sekolah tersebut positif Co­vid-19. Ini penting untuk melacak orang-orang yang sudah berinteraksi sebelum­nya dengan yang terjangkit Covid-19.

Baca Juga  Pelajar Depok Tawuran di Mal

’’Waktu satu bulan ke depan para kepala daerah dan Kem­dikbud/Kemenag harus betul-betul bisa memetakan dan memastikan kesiapan seko­lah dalam melakukan PTM Januari 2021,’’ tandasnya.(jp/ rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *