20 Bayi di RSUD Ciawi Bogor Positif Covid-19

by -

METROPOLITAN.id – Tahun 2021 belum genap sebulan berlalu. Namun sebanyak 20 bayi baru lahir di RSUD Ciawi, Kabupaten Bogor sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi Kabupaten Bogor M Tsani Musyafa mengatakan, kondisi bayi baru lahir positif Covid-19 tersebut muncul di 2021 ini. Hal tersebut terjadi, lantaran sang ibu positif Covid-19 sejak mengandung.

“Kalau ibu hamil positif, bayinya pas lahir pasti positif. Sebelumnya belum ada kasus seperti ini, tapi awal tahun ini mulai muncul tren ini,” kata Tsani, Selasa (26/1).

Tsani mengaku kesulitan untuk melakukan tracing terhadap ibu hamil. Sebab, saat ibu hamil mengandung, mereka sulit membedakan mana gejala Covid-19 dan gejala bawaan hamil.

Baca Juga  Disdukcapil Siapkan KIA untuk Bayi Lahir

“Kami juga cukup kesulitan, karena ibu hamil melakukan pemeriksaan ke bidan. Sekali pun ada gejala Covid-19, mereka menyangka bawaan bayi. Padahal ibu hamil ini positif,” ungkapnya.

Tak hanya tracing atau penelusuran kepada ibu hamil, pihaknya juga mengaku kesulitan memberikan penanganan kepada bayi positif Covid-19.

“Sulit diketahui, karena bayi saat lahir nangis dan sulit diajak komunikasi. Tapi di sisi lain, posisinya bayi ini positif Covid-19. Jadi kadang saat ibu hamil melahirkan bayinya OTG,” bebernya.

Meski begitu, kaum ibu tak perlu khawatir. Sebab saat ibu hamil dan sedang menyusui dengan kondisi positif Covid-19, air susu ibu (ASI) yang diberikan tidak akan menularkan virus kepada bayi.

Baca Juga  Bayi Perempuan Ditemukan Kardus Mi Instan

“ASI tidak menularkan virus. Jadi saat ibu positif, bayi tidak akan tertular dari asi. Jadi tenang saja tidak perlu khawatir,” kata Tsani.

Sejauh ini, pihaknya memiliki 12 alat khusus untuk menangani bayi baru dalam kondisi positif Covid-19. Alat tersebut berbentuk seperti tabung inkubator bagi bayi.

“Kami sudah memiliki 12 alat khusus untuk bayi positif Covid-19 dan terisi tak lebih dari 6 bayi. Semoga saja tidak ada penambahan kasus bayi positif covid-19 lagi,” tandasnya. (ogi/c/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.