Alhamdulillah, Pengungsi Banjir Bandang Mulai Pulang ke Rumah

by -

METROPOLITAN – Pember­sihan sisa material banjir ban­dang di Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Cisarua, terus dilakukan. Para pengungsi berangsur-angsur kembali ke rumah mereka. Satu per satu mereka mulai membersihkan rumah dan mencari sisa barang yang masih bisa digunakan. Sementara tanggul penghalang air mulai dibangun Dinas Pe­kerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor.

Salah seorang warga RT 02/02, Tatan, mengucapkan terima kasih atas doa, bantuan ma­teri dan nonmateri yang di­berikan Pemerintah Kabupa­ten (Pemkab) Bogor dan seluruh pihak. ”Kami sudah bisa kembali ke rumah. Pem­kab bergerak cepat. Semoga semuanya lekas bangkit. Se­moga ini menjadi berkah dan hikmah tersendiri bagi kami yang menerimanya,” ujarnya.

Baca Juga  Banjir Bandang Juga Terjadi Di Kabupaten Mandailing Natal

Warga lainnya yang juga ke­tua RT 02/02, Kampung Gu­nung Mas, Cecep Supriadi, menjelaskan, sebanyak 1.026 jiwa dari 324 Kepala Keluarga (KK) sedang didata untuk kembali ke kediamannya. “Seluruh warga RT 02/02 hari ini (kemarin, red) sudah bisa pulang. Sementara yang ada di zona banjir masih ber­tahan di pondok pengungsian PTPN VIII,” katanya.

Sebelumnya, saat mengun­jugi masyarakat terdampak bencana di Kampung Gunung Mas, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa kondisi di lokasi bencana banjir bandang semakin terkendali dan kon­dusif. “Sandang dan pangan aman, logistik sangat cukup, lokasi juga sudah bersih. Ada beberapa lokasi yang sudah bisa ditinggali kembali. Masy­arakat bisa kembali ke rumah­nya masing-masing,” kata Ade Yasin.(*/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *