Berkas tak Lengkap, Pengajuan Izin SMP Kreativa Ditolak

by -
POLEMIK : SMP Kreativa belakangan jadi polemik karena kedapatan bangun aula tanpa IMB. (FOTO : Varel-Magang/Metropolitan)

METROPOLITAN – Hampir setahun sejak dimulainya pembangunan aula di SMP Kreativa, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanahsareal, hingga saat ini pihak sekolah diketahui belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Bidang Izin Pemanfaatan Ruang pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor, Naufal Isnaeni, menerangkan, SMP Kreativa sudah mengajukan permohonan IMB, namun ditolak. ”Senin (11/1) ada pengajuan IMB nonrumah tinggal perluasan, tapi kami tolak karena administrasi tidak lengkap,” jelasnya kepada Metropolitan, Selasa (12/1).

Naufal membeberkan, SMP Kreativa sebelumnya pernah mengajukan perubahan siteplan untuk pembangunan aula ter­sebut pada 23 Januari 2020. Hanya saja pengajuan itu di­tolak lantaran administrasi yang lagi-lagi tidak lengkap. ”Pada 23 Januari 2020 ada pengajuan siteplan perubahan, tapi dito­lak karena administrasi tidak lengkap,” bebernya.

Baca Juga  Warga Ontrog Istana dan DPR RI

Data terkini yang ada di DPMPTSP Kota Bogor ter­kait SMP Kreativa terdiri dari IPPT No. 692.2/171/IPPT/DPMPTSP-2017, Siteplan No. 642.0034-siteplan 2018 dan IMB No 642.2-0310-IMB 2018.

Sebelumnya, anggota Ko­misi I DPRD Kota Bogor, Atty Soemadikarya, meminta Sa­tuan Polisi Pamong Praja (Sat­pol PP) Kota Bogor menindak tegas pelanggaran yang dila­kukan pihak SMP Kreativa karena membangun tanpa izin. ”Jangan tegas membongkar PKL, tapi bangunan nggak ada IMB dibiarkan. Jadi, saya min­ta Satpol PP menindak tegas ini,” kata Atty.

Pembangunan yang sudah dilakukan sejak Maret 2020 ini, dinilai Atty sangat men­coreng marwah Kota Bogor. Sebab, bangunan yang tidak mengantongi IMB bisa ber­diri tanpa adanya pengawasan berarti. Ia bahkan memberi­kan ultimatum, jika ia menge­cek ke DPMPTSP masih belum ada IMB atas pembangunan aula di SMP Krativa, ia me­minta bangunan tersebut dibongkar. ”Ini jelas salah. Sebagai contoh harusnya me­reka memenuhi itu. Kalau tidak bisa, ya harus ditegakkan sanksi sesuai perda, yaitu bongkar,” tegasnya.

Baca Juga  Pembangunan Aula SMP Kreativa Bisa Dibongkar

Ketika dikonfirmasi, Kabid Gakperda Satpol PP Kota Bo­gor, Asep Setia Permana, mengaku akan segera men­indaklanjuti dan mencari informasi terkait IMB yang belum dimiliki SMP Kreativa. ”Kita akan cek dulu,” katanya.

Sementara itu, pihak SMP Kreativa hingga kini belum memberikan keterangan resmi apakah sudah mengan­tongi IMB atau belum untuk pembangunan aula tersebut. (dil/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *