BPJamsostek Guyur Rp771 M buat Pekerja Bogor

by -

METROPOLITAN – Badan Penyelenggara Jaminan So­sial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Kantor Ca­bang Bogor Kota telah mem­bayarkan klaim pekerja dengan total Rp771,1 miliar sepanjang 2020.

Kepala Kantor Cabang BP­Jamsostek Bogor Kota Mias Muchtar mengatakan, sepan­jang 2020 klaim Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan status klaim terbanyak, yakni sebesar Rp713,7 miliar dengan 54.876 klaim. Tingginya ang­ka klaim ini karena sejak pan­demi Covid-19 banyak pe­kerja yang dirumahkan para pemberi kerja.

Mias menambahkan, akibat dirumahkan, banyak tenaga kerja yang mengambil JHT dan semua merasakan man­faatnya.

”Tabungan tenaga kerja yang disimpan selama bekerja juga dapat dengan mudah diambil berikut dengan dana pengembangannya,” kata Mias kepada Metropolitan. id, Rabu (27/1).

Baca Juga  Musim PHK! BPJAMSOSTEK Cairkan Klaim Rp517,5 M

Sementara untuk pembaya­ran klaim Jaminan Kematian (JKM), sepanjang 2020 terda­pat 718 kasus dengan dana yang digelontorkan sebanyak Rp28 miliar.

Lalu pembayaran Klaim Ja­minan Kecelakaan Kerja (JKK), menurut catatan Mias, ada 1.642 kasus, dengan dana yang digelontorkan sebesar Rp20,9 miliar. Serta pembayaran Klaim Jaminan Pensiun (JP) ada 1.277 kasus, dengan uanh yang di­keluarkan sebesar Rp8,5 mi­liar.

Memasuki 2021 pandemi yang belum berangsur pulih di wilayah Indonesia, jelasnya, kasus penularan Covid-19 semakin meningkat dan belum ada kepastian kapan akan segera berakhir.

”Untuk itu, BPJS Ketenaga­kerjaan bersiap dengan se­makin mengoptimalkan semua layanan klaim, dengan menge­depankan protokol kesehatan dan melakukan edukasi ke­pada perusahaan untuk tetap membayarkan kewajiban demi terjaminnya hak-hak pekerja,” tandasnya.

Baca Juga  Puluhan Amil di Gunungputri Sudah Terkaver BPJamsostek

Diketahui, pengajuan klaim BPJamsostek menggunakan Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) online dan onsi­te. Melalui protokol Lapak Asik Online, peserta tidak perlu datang ke kantor cabang. Klaim cukup dilakukan melalui on­line dengan melakukan pendaf­taran pada website www. lapakasik.bpjsketenagaker­jaan.go.id, kemudian mela­kukan upload data yang di­minta.

”Seluruh konfirmasi serta wawancara akan dilakukan secara online oleh petugas. Hal ini selain mempermudah peserta, juga berdampak po­sitif pada pemutusan rantai penyebaran virus,” jelas Mias.

Sementara peserta yang da­tang ke kantor langsung bisa memanfaatkan layanan onsi­te dengan memanfaatkan smartphone atau gadget yang dilakukan peserta secara langs­ung di kantor cabang terdekat.

Sesuai ketentuan, untuk menikmati Lapak Asik maupun Onsite, peserta harus me­nyiapkan data diri berupa eKTP, Kartu Keluarga, Kartu Peserta, Surat Keterangan Berhenti Bekerja/Paklaring, Buku Rekening, serta NPWP untuk peserta dengan saldo di atas Rp50 juta.

Baca Juga  PSBB Diperpanjang, BPJamsostek Bogor Kota Lakukan Dua Kali Penyemprotan Disinfektan

”Dalam pengurusan klaim BPJamsostek tidak akan memungut biaya apa pun selama proses klaim. Jika me­mang terdapat kendala atau kesulitan, peserta bisa men­ghubungi layanan call center BPJamsostek di 175,” pung­kasnya. (dil/c/ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.