Buntut Bencana Banjir Puncak, Kaporesta Susatyo Cek Peringatan Dini Bendungan Katulampa

by -130 views
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo saat meninjau Bendungan Katulampa, Rabu (20/1). (Foto:Arie-Magang/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Banjir bandang yang menghantam kawasan Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor rupanya berpengaruh terhadap kondisi Sungai Ciliwung yang melintas di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melakukan peninjauan ke Bendungan Katulampa, yang menjadi pintu utama masuknya air ke aliran Sungai Ciliwung di Kota Bogor.

Dalam kunjungannya tersebut, Susatyo mengungkapkan bahwa dirinya ingin memastikan sistem peringatan dini berjalan.

“Saya ingin memastikan sistem peringatan dini berjalan, karena bencana di Puncak, Kabupaten Bogor kan berdampak kepada aliran Sungai Ciliwung,” kata Susatyo kepada awak media, Rabu (20/1).

Ia menerangkan, sistem peringatan dini menjadi penting karena aliran Sungai Ciliwung melewati beberapa kelurahan di Kota Bogor.

Baca Juga  Proyek Mangkrak, Disperkim Bela Pengusaha

Ia pun berharap dengan berjalannya sistem peringatan dini, masyarakat yang berada di bantaran Sungai Ciliwung bisa mempersiapkan diri jika kondisi Bendungan Katulampa mulai menunjukkan status siaga satu.

“Kami bersama TNI juga akan melakukan sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat, agar masyarakat tidak panik nantinya,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan pantauan tim petugas di Bendungan Katulampa, hingga pukul 14.00 WIB, ketinggian air hanya mencapai 40 centimeter.

“Saat ini kondisi masih aman diketinggian 40 centimeter atau siaga empat,” ujar petugas Bendungan Katulampa, Achmad Aliyudin.

Meski kondisi ketinggian air masih dinyatakan aman. Namun kondisi air yang mengalir di Sungai Ciliwung terlihat lebih keruh.

Terpantau sejak kemarin hingga hari ini, kondisi air lebih berwarna pekat dari sebelumnya dan berdampak kepada pasokan air bersih di Kota Bogor.

Baca Juga  SPAM Katulampa Sempurnakan Distribusi Air

“Memang air lebih kotor, tapi mudah-mudahan tidak ada kenaikan,” tutup Achmad. (dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *