Hati-hati, Akun WA Palsu Mengatasnamakan Istri Wabup Bogor Cari Mangsa

by -
Tangkapan layar akun WA palsu yang mengatasnamakan istri Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Halimatu Sadiyah.

METROPOLITAN.id – Hati-hati, akun WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan istri Wakil Bupati (Wabup) Bogor Iwan Setiawan, Halimatu Sadiyah berseliweran. Keberadaan akun tersebut cukup membahayakan karena mengarah kepada penipuan.

Munculnya akun palsu Halimatu Sadiyah diketahui saat ada beberapa orang yang mengaku dikirimi pesan oleh ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor tersebut sejak beberapa hari belakangan.

Namun, isi pesannya mencurigakan karena sempat menawari motor untuk digadaikan.

Dari tangkapan layar yang diterima Metropolitan.id, akun palsu tersebut menggunakan foto Halimatu Sadiyah yang mengenakan kerudung kuning. Akun tersebut menggunakan nomor 082312246873.

Tangkapan layar akun WA palsu yang mengatasnamakan istri Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Halimatu Sadiah.

Halimatu Sadiyah mengonfirmasi jika akun WA tersebut palsu. Ia tak pernah menghubungi orang untuk menggadaikan barang apalagi meminta uang.

Baca Juga  PKL Puncak Dibubarkan, Pedagang Protes Ngaku Sudah 'Setor' ke Kordinator

Perempuan yang juga didaulat menjadi Bunda Literasi ini pun meminta siapapun yang mendapat pesan aneh mengatasnamakan dirinya agar tak ditanggapi.

“Saya menginformasikan bahwa nomor itu penipu. Mohon untuk tidak ditanggapi bila mendapat pesan yang mengatasnamakan saya dengan nomor tersebut. Atau bisa juga segera dilaporkan,” ujar Halimatusadiyah, Kamis (28/1).

Menurutnya, akun palsu tersebut jelas membahayakan. Terlebih jika digunakan untuk menjanjikan sesuatu kepada orang lain.

“Yang juga bahaya kan menjajikan yang enggak, kaya ke kades (kepala desa) gitu. Karena banyak yang nggak ngerti, banyak yang menanyakan langsung ke saya,” ungkapnya.

Saat ini, Halimatu Sadiyah juga telah menyerahkan kasus pemalsuan ini ke tim hukum untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga  Asik, Noni Ayi dan Rusli Prihatevy Ajak Warga Bogor Makan Gratis di Shabu Hachi

Sebelumnya, sang suami yang merupakan Wabup Bogor Iwan Setiawan juga mengalami hal serupa. Bedanya, akun yang dipalsukan adalah akun Facebook dirinya.

Akun palsu itu ditemukan di Facebook dengan alamat https://www.facebook.com/iwan.setiawab.180. Akun tersebut diketahui mengiri pesan ke sejumlah orang dengan mengaku sebagai wakil bupati Bogor.

Akun itu menampilkan foto profil Wabup Bogor Iwan Setiawan yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan peci hitam.

Informasi yang dihimpun, beberapa orang sudah dihubungi akun tersebut melalui Facebook Messanger, termasuk calon kepala desa (kades). Dia berkomunikasi layaknya sebagai Wabup Bogor.

Bahkan, ada orang yang dikirimi pesan oleh akun tersebut dengan menawarkan mobil.

Saat dikonfirmasi, Wabup Bogor Iwan Setiawan membenarkan adanya akun palsu yang menamakan dirinya.

Baca Juga  Usai Viral, Satpol PP yang Cekik Warga Bakal Dibina

Iwan menegaskan, ia tak pernah menghubungi orang lewat pesan pribadi di Facebook Messenger. Ia memastikan akun tersebut palsu alias bukan dirinya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.