Honda CB1300 2021 makin Menggoda

by -

METROPOLITAN – Kabar terbaru dari produsen ken­daraan roda dua Honda Motor menyuguhkan versi paling baru, CB1300 model 2021. Ini merupakan kabar baik bagi pencinta motor berpenampilan retro yang mempunyai kubikasi di atas 1.000 cc.

Melansir dari laman Young Machine Honda CB1300 Super Four terbaru diper­kenalkan di Jepang hadir dalam beberapa tipe. Yaitu Honda CB1300 Super Four, CB1300 Super Bol D’Or, CB1300 Super Four SP, dan CB1300 Super Bol D’Or SP.

Disebutkan bahwa semua tipe ini telah menggunakan sistem kontrol elektronik terbaru yang mampu mem­berikan kenyamanan ber­kendara yang tinggi.

Dengan menggunakan Th­rottle by Wire System (TBW) anyar ini maka mekanisme pengontrolan kontrol katup throttle menjadi lebih pre­sisi ketika tuas gas motor ditarik pengendara. Hal ini sangat membantu serta me­mudahkan dalam pemilihan mode berkendara yang ter­sedia yaitu mode sport, stan­dar, dan rainy (berkendara di tengah hujan).

Ditambah lagi pihak Hon­da j u ­g a membe­namkan fitur Quick Shifter untuk memudahkan pergan­tian gigi transmisi tanpa perlu menarik tuas kopling. Sedangkan untuk menunjang keamanan berkendara, ke­beradaan fitur Honda Selec­table Torque Control (HSTC) akan sangat membantu.

Baca Juga  Utang Bulog Tembus Rp28 Triliun

K a ­rena fitur ini ber­fungsi u n t u k mem­batasi torsi motor ketika mendeteksi adanya perbe­daan kecepatan putaran antara ban depan dengan ban belakang.

Tak hanya itu, motor gede ini juga dibekali dengan fitur cruise control yang memun­gkinkan laju kendaraan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Hal ini sangat bisa memungkinkan laju kendaraan tetap ter­jaga meski pengenda ra tanpa mengope­rasikan grip gas.

Fitur kese­lamatan lain­nya adalah Honda juga membe k a l i dengan lampu rem darurat. Fungsinya untuk memberi­kan sinyal kepada pengguna kendaraan lain di belakang­nya saat pengendara berma­nuver melakukan pengere­man mendadak.

Artinya, pada versi baru ini banyak dibenamkan fitur canggih, termasuk port pengi­sian juga telah berganti men­jadi tipe USB Type C. Ada juga hand warmers yang mencegah telapak tangan kaku akibat terlalu lama me­megang setang kemudi, khususnya di tengah cuaca dingin.

Baca Juga  Pasar di Segmen Premium Masih Besar

Sementara itu, pada mesin, masih mengusung mesin empat tak berkubikasi 1.284 cc empat silinder segaris berpendingin cairan. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 113PS pada 7.750 rpm dengan torsi 111,8 Nm pada 6.250 rpm. Motor dibekali dengan kapasitas tangki ba­han bakar 21 liter, memiliki dimensi panjang 2.200 mili­meter (mm), lebar 795 mm, dan tinggi 1.125 mm. Di Je­pang versi anyar ini dijual pada 18 Maret 2021 nanti dengan banderol 1.885.400 yen atau sekitar Rp266 ju­taan (kurs 1 yen = Rp140,94). Anda tertarik? Semoga Hon­da Indonesia memboyongnya ke Tanah Air. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *