IPB Buka Kuota 4.250 Mahasiswa Baru

by -

METROPOLITAN – IPB Uni­versity mulai mematangkan persiapan penerimaan ma­hasiswa baru tahun ini. Kali ini cara yang dilakukan yakni dengan menggelar Sosiali­sasi Seleksi Masuk IPB Uni­versity secara daring via Zoom dan Youtube pada Sabtu (16/1).

Sosialisasi tersebut menje­laskan tentang jalur masuk melalui Seleksi Nasional Ma­suk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Jalur Mandiri IPB University.

Dalam sambutannya, Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, mengatakan, saat ini IPB University sudah menyi­apkan kurikulum 2020 yang memperkuat growth mindset. Growth mindset sangat dip­erlukan untuk menghadapi zaman ini. Zaman yang penuh ketidakpastian, era VUCA atau Volatile (bergejolak), Uncer­tain (tidak pasti), Complex (kompleks) dan Ambigue (tidak jelas), pesatnya tekno­logi informasi, juga bencana Covid-19.

Baca Juga  Lurah Malas Dimutasi

“Covid-19 merupakan satu contoh bentuk ketidakpastian. Kita tidak bisa memprediksi kapan akan berakhir. Akan tetapi dengan growth mindset, generasi muda akan memi­liki pola pikir bahwa segala sesuatu akan berubah, akan berkembang. Ketika ada per­soalan maka akan ada peluang. Mindset ini yang akan diper­kuat di IPB University,” kata Arif dalam rilisnya.

Arif menjelaskan, IPB Uni­versity juga memiliki jalur baru yaitu jalur ketua OSIS. Men­urutnya, ini jalur yang men­jadi bagian dari upaya men­cetak calon pemimpin masa depan. Ketika sudah masuk jalur ketua OSIS, maka akan dilakukan talent mapping sebagai dasar untuk peng­embangan potensi.

Selain itu, softskill dan karak­ternya juga akan diperkuat. Sehingga IPB University me­miliki peran besar dalam men­cetak calon pemimpin bangsa dan menjadi trendsetter peru­bahan. “IPB University adalah milik bangsa. Karena itu, calon mahasiswa seluruh Indonesia memiliki peluang yang sama untuk masuk IPB University. Untuk itu, saya mengajak siswa bergabung dengan kami dan berharap para guru bisa me­motivasi siswa-siswinya untuk bergabung dalam mencetak trendsetter perubahan, para pemimpin bangsa, para ino­vator yang menginspirasi di IPB University,” ujarnya.

Baca Juga  IPB Kembangkan Biomaterial Khusus Implan Tulang

kesempatan ini, Koordinator Bidang SNMPTN, Tim Pelaks­ana Lembaga Tes Masuk Per­guruan Tinggi (LTMPT) yang juga Guru Besar IPB Univer­sity, Prof Dr Yonny Koesma­ryono, memaparkan meka­nisme SNMPTN.

”Yang terpenting bagi siswa yang akan mendaftar jalur SNMPTN adalah harus memi­liki NISN, terdaftar di pangka­lan data sekolah dan siswa. Yang mendaftarkan siswa adalah sekolah masing-masing. Saya kembali menegaskan bahwa layanan cukup dengan online, kami tidak melayani tatap muka terkait SNMPTN,” ujarnya.

Sementara terkait jalur ma­suk IPB University, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Drajat Mar­tianto, menyampaikan IPB University akan menerima 4.250 mahasiswa. Seperti ta­hun sebelumnya, mahasiswa program Sarjana diseleksi dari SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri (Jalur Ujian Tulis Masuk Berbasis Komputer, Jalur Ketua OSIS, Jalur Pre­stasi Internasional dan Na­sional, Jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dan Jalur Kelas Internasional. Masing-masing program studi memiliki ke­ketatan yang bervariasi. (rep/ rez/py)

Baca Juga  Perekrutan Honorer Non-Kategori Bersyarat

Leave a Reply

Your email address will not be published.